Wujudkan Keinginan Presiden, Enam Institusi Indonesia dan Jepang Tandatangani Kesepakatan Bersama Pembuatan B100 Bio fuel dari kelapa

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PERKEBUNA – Balai Penelitian Tanaman Palma (Balit Palma), Balitbangtan, Kementan bersama enam institusi dari Indonesia dan Jepang melakukan penandatanganan kesepakatan bersama Pembuatan B100 Bio fuel dari kelapa, Minyak Premium, Pertalite dan Pertamax dari bahan Aren di Jakarta, 12 Januari 2020. Hal ini merupakan perwujudan dari pidato Presiden Jokowi pada acara pembukaan bahwa sebentar lagi pesawat yang melintas di udara Indonesia akan berbahan bakar dari minyak kelapa. “Ingat kopra dan minyak kelapa bisa dijadikan avtur, Ini sudah hampir ketemu, kalau bisa ketemu, artinya semua pesawat kita ganti minyak dari kelapa yang dihasilkan rakyat Indonesia,” ujar Jokowi.

Penandatangan ke-enam institusi dalam pengembangan dan pembuatan biufuel dan bahan bakar ini adalah (1) Dr. Arend Mapanawang (PT. Halmahera Mandiri Sejati / HMS), (2) Tomio Sei (International Technical and Brain Service.Co /ITBS), (3) Ir. Jelfina C. Alouw, Ph.D (International Coconut Community /ICC), (4) Dr. Ismail Maskromo, (Balai Penelitian Tanaman Palma, Badan Litbang Pertanian), (5) Olly Dondokambey, SE (Gubernur Sulawesi Utara/Sulut) dan (6) Ir. Mindo Sianipar (Anggota DPR-RI).

Penandatanganan kesepakatan bersama ini dilakukan pada hari ketiga pameran Mewujudkan Indonesia Negara Industri Berbasis Riset dan Inovasi Nasional. Kegiatan pameran ini dalam rangka HUT PDIP dan Rakernas I Tahun 2020 di arena Jakarta Internasional Expo Kemayoran Jakarta yang dilaksanakan pada tanggal 10-12 Januari 2020.

Sumber : Balai Penelitian Tanaman Palma (Balit Palma)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *