Varietas Unggul Aren Dalam Akel Toumuung Memiliki Produksi Nira Tinggi

Artikel Palma Berita Perkebunan

BERITA PERKEBUNAN – Keunggulan Aren Dalam unggul varietas Akel Toumuung yaitu memiliki produksi nira tinggi > 30 liter/mayang/hari dan periode penyadapan per mayang > 3 bulan, sehingga produksi nira/mayang mencapai 903,3 liter dengan kandungan gula 12.74%. Dengan demikian, pengembangan aren Dalam unggul varietas Akel Toumuung akan semakin meningkatkan industri gula semut di Tomohon dan daerah-daerah lain di Indonesia yang memiliki iklim dan lingkungan tumbuh seperti Tomohon.

Jumlah pohon induk terpilih Aren Dalam unggul varietas Akel Toumuung sebanyak 33 pohon dengan potensi menghasilkan benih 54.700 butir/pohon. Dengan demikian setiap pohon Aren Dalam Varietas Akel Toumuung dapat digunakan untuk pengembangan tanaman aren seluas 136,7 ha. Benih Bina yang dihasilkan dari pohon induk terpilih tersebut di atas telah sesuai dengan UU tentang Budidaya Tanaman, yaitu benih yang diedarkan untuk pengembangan harus merupakan Benih Bina.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan, Dr.Ir Fadjry Djufry, M.Si., pada acara pembukaan Tomohon International Flower Festival (TIFF) di kota Tomohon, Sulawesi Utara (8/8/15). Selain pawai kendaraan hias, dalam acara tersebut juga diadakan gelar teknologi tanaman hias (Krisan) dan LAUNCHING AREN DALAM VARIETAS AKEL TOUMUUNG, VARIETAS UNGGUL LOKAL DARI TOMOHON. Nama tersebut diberikan oleh Walikota Tomohon Bapak Jimmie Ferdie Eman, SE.Ak. Launching varietas Aren tersebut ditandai dengan penyampaian SK pelepasan dan pendaftaran varietas, dan penyerahan bibit aren kepada Gubernur Sulawesi Utara, Dr. Sinyo Harry Sarundayang mewakili rakyat Sulawesi Utara.

Aren Dalam varietas Akel Toumuung merupakan hasil kegiatan kerjasama antara Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian yang dalam hal ini ditangani langsung oleh Unit Pelaksana Teknis dibawah Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan yaitu Balai Penelitian Tanaman Palma, dengan pemerintah daerah Tomohon yang dalam hal ini dilakukan oleh Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kota Tomohon. Sampai saat ini varietas Akel Toumuung merupakan satu-satunya Aren Dalam di Indonesia, yang sudah dilepas secara resmi oleh Menteri Pertanian berdasarkan SK No. 1059/Kpts/SR.120/10/2014.

Sejak dilepas sampai saat ini beberapa daerah telah mengirim surat permintaan benih aren Dalam Akel Toumuung untuk dikembangkan di daerah lain. Pengembangan di daerah sentra aren lainnya di Indonesia menggunakan Aren Dalam Varietas Toumuung akan meningkatkan produksi gula semut dan pendapatan petani.

Foto: Kendaraan hias Badan Litbang Pertanian (kiri), dan Sambutan Kepada Puslitbang Perkebunan (kanan) pada acara pembukaan Tomohon International Flower Festival (TIFF), 8 Agustus 2015.

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Palma (Indonesian Palmae Research Institute)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *