Upaya Meningkatkan Pendapatan Petani Sawit Saat Pandemi Melalui Program Mandatori B30

Berita Perkebunan

INFO PERKEBUNAN -Dengan bertambahnya luas wilayah dan tertekannya pasar ekspor, produksi minyak sawit nasional terus meningkat, sehingga harga minyak sawit mentah cenderung tertekan yang berujung pada tertekannya harga TBS. Pemerintah mendorong permintaan domestik dengan meningkatkan program wajib biodiesel dari B20 pada 2019 menjadi B30 pada 2020, dan pada tahun-tahun berikutnya.

Hal ini ditunjang juga dengan inovasi katalis merah putih, dan p embangunan kilang milik PT. Pertamina yang memungkinkan penggabungan produksi (coprocessing) minyak bumi dan biodiesel. Dengan adanya program ini diharapkan ada peningkatan permintaan dalam negeri, mengurangi ketergantungan terhadap pasar ekspor, sehingga harga CPO dan juga TBS meningkat.

Tren pergerakan harga minyak mentah bergantung pada Berapa lama wabah Covid-19 dan pemulihan ekonomi akan bertahan? Jika diperkirakan wabah Covid-19 akan berlanjut hingga akhir tahun 2020, maka pemulihan ekonomi baru Mulai awal 2021, ini artinya harga minyak mentah akan naik Masih relatif rendah (kurang dari $ 30 / barel) Setidaknya satu tahun dari sekarang.

Harga minyak sawit sejak awal 2020 ($ 810.07 / Ton) telah turun 21,6% dalam tiga bulan terakhir. Penurunan harga diperkirakan akan terus berlanjut Permintaan minyak sawit mengalami penurunan. Meskipun untuk penurunan lebih lanjut, ini tidak akan berlanjut seperti penurunan harga mentah. Ini karena minyak sawit adalah salah satu bahannya Terlepas dari kondisi tersebut, masih perlu dirumuskan standar industri pangan Permintaan tetap lesu.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam kasus ini Wabah Covid-19 mungkin merupakan harga relatif minyak mentah Menggunakan minyak sawit sebagai bahan bakar dan bahan baku biodiesel Akan menurun, dan pada gilirannya daya saing Biodiesel juga mengalami penurunan. Diberikan minyak sawit Ini adalah bahan baku yang sangat luas di industri makanan Penggunaannya paling tidak bisa dipertahankan Hindari penurunan harga seperti minyak mentah. (Bur/Tim web)

Sumber: Upaya Meningkatkan Pendapatan Petani Sawit Saat Pandemi Melalui Program Mandatori B30

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *