Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, PPID Puslitbang Perkebunan Ikuti Bimtek Keterbukaan Informasi Publik Balitbangtan

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan memiliki tanggung jawab dalam menyediakan informasi secara optimal bagi masyarakat. Untuk itu dibutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkompeten mengelola pelayanan tersebut berdasarkan amanat UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

Sesuai arahan Kapuslitbang Perkebunan, PPID Puslitbang Perkebunan hadir mengikuti Bimtek Keterbukaan Informasi Publik yang diselenggarakan oleh Badan Litbang Pertanian sebagai upaya meningkatkan kapasitas para pengelola informasi publik di seluruh Unit Kerja/Unit Pelaksana Teknis lingkup Balitbangtan secara daring/luring, pada Jumat (11/6), di Kantor Balitbangtan, Jakarta.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ir. Erwin Zulkarnaen, Koordinator Pengelolaan Informasi Publik, Biro Humas dan Informasi Publik (HIP) Kementerian Pertanian, sebagai narasumber. Dalam Paparannya, Erwin menjelaskan tentang peran PPID sebagai lembaga yang harus sedia setiap waktu menyediakan informasi, yaitu secara Berkala, Setiap Saat dan Serta Merta.

Lebih lanjut, beliau juga menerangkan bahwa tahun ini Kementerian Pertanian akan kembali melaksanakan Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik bagi seluruh UK/UPT di bawahnya.

“Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik akan kembali dilakukan oleh Biro Humas Dan Informasi Publik dengan tujuan memacu semangat para Pengelola Informasi Kementerian Pertanian dalam menyediakan informasi secara maksimal bagi publik,” terangnya.

“Adapun penilaian dalam pemeringkatan tahun ini berfokus pada beberapa poin utama, yaitu 1) Penilaian Mandiri Melalui Form SAQ, 2) Keterbukaan Informasi Publik Melalui Website Instansi, 3) Optimalisasi Penggunaan Portal PPID, 4) Komitmen Pimpinan UK/UPT serta Pejabat PPID, dan 5) Visitasi/ Wawancara. Seluruh unsur tersebut akan kita pelajari hari ini,” tambah Erwin.

Bimtek KIP ini dibuat dalam bentuk kelompok diskusi, di mana masing-masing kelompok memiliki Liaison Officer (LO) dari Biro HIP Kementan yang bertanggung jawab memberikan informasi serta mereview kembali nilai akhir SAQ dari masing-masing UK/UPT pada tahun sebelumnya.

PPID Puslitbang Perkebunan bersama UK/UPT lain antusias mengikuti kegiatan ini. Harapannya, kegiatan Bimtek KIP ini dapat memberikan gambaran yang lebih luas tentang bagaimana memaksimalkan peran PPID dari suatu lembaga, khususnya dalam menyediakan informasi terkait pelaporan serta hasil-hasil penelitian.

Puslitbang Perkebunan sendiri selama ini telah berusaha membagikan informasi tentang komoditas perkebunan secara optimal bagi masyarakat luas. Pada tahun 2020, Puslitbang Perkebunan berhasil meraih penghargaan sebagai Unit Kerja Ter-Responsif di Kementerian Pertanian, diikuti UPT Lingkupnya (Balittri) sebagai Unit Pelaksana Teknis Paling Informatif lingkup Badan Litbang Pertanian. Penghargaan ini menjadi motivasi untuk Tim PPID Puslitbang Perkebunan bersama 4 UPT-nya (Balittro, Balittas, Balit Palma, dan Balittri) untuk menjadi lembaga pelayanan publik informatif di Kementerian Pertanian. (Anjas-Tim Web)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *