Tim PPID Puslitbangbun Studi Banding ke BET Cipelang Bogor

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Tim Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun), Balitbangtan, Kementan menyambangi Smart Balai Embrio Ternak (BET) Cipelang, Bogor (18/1/18). Tim PPID Puslitbangbun ingin belajar dan melihat langsung bagaimana keterbukaan dan pengelolaan informasi yang telah dilakukan oleh BET Cipelang, sehingga informasi dapat diakses dan dimanfaatkan oleh publik.

Tim PPID Puslitbangbun yang terdiri dari Kasubbid Kerjasama, Dr. Suci Wulandari dan Kasubbid PHP, Sudarsono, SE bersama tim PPID yang berjumlah 14 orang diterima langsung oleh Kepala Balai Drh. Oloan Parlindungan, MP., yang didampingi oleh Kasubbag TU Deasy Zamanti, S.Pt.,M.Si., Kasie Informasi dan Penyebaran Hasil, Sri Wahyuni Siswanti, S.Pt.,M.Si., dan Menik Setyarini, A.Md.

Dalam sambutannya Suci menyampaikan maksud dan tujuan kedatangannya ke BET Cipelang yang tak lain adalah belajar bagaimana mengelola informasi dan dokumentasi, bagaimana menyediakan akses informasi, serta bagaimana memberikan layanan informasi dalam rangka penyelenggraan pelayanan publik.

Kepala BET, Oloan dalam sambutannya mengatakan bahwa BET Cipelang merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis yang berada dibawah Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian Republik Indonesia dengan visi menjadi sumber bibit dan benih ternak unggul nasional. BET Cipelang telah menerapkan keterbukaan informasi sesuai Undang-Undang No. 14 tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik. BET Cipelang pada tahun 2017 telah mendapatkan 7 (tujuh) penghargaan serta tiga kali berturut-turut juara I Keterbukaan Informasi Publik tingkat Kementan kategori eselon II. Menurut Oloan, kunci keberhasilan Untuk keterbukaan informasi publik (KIP) diperlukan 4 hal yaitu (1) komunikasi, (2) Kesepakatan, (3) Kekompakan tim, dan (4) sarana dan prasarana.

Selanjutnya Kasie Informasi dan Penyebaran Hasil BET Cipelang menyampaikan profil dan layanan unggulan yang ada. Dalam sesi ini juga banyak pertanyaan dari tim Puslitbangbun yang ingin lebih banyak tentang PPID di sini. TIm PPID Puslitbangbun juga diajak berkeliling untuk melihat kandang ternak sapi kegiatan BET Cipelang.

Dengan studi banding ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi pengelola PPID Puslitbangbun untuk memberikan layanan informasi dalam rangka penyelenggaraan pelayanan publik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *