Tanam Perdana VUB Tebu Balitbangtan “Akselerasi Diseminasi Inovasi dan Teknologi Perkebunan”

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun) menyelenggarakan “Tanam Perdana VUB Tebu Balitbangtan” pada kegiatan Riset Pengembangan Inovatif Kolaboratif (RPIK) yang berlokasi di Desa Ngembul, Kecamatan Binangun, Kabupaten Blitar pada Kamis 30 September 2021. Penanaman dilaksanakan oleh Bupati Kabupaten Blitar yang diwakili oleh Asisten 2 Ibu Ulfi Zulfikar, dan Kepala Puslitbangbun yang diwakili oleh Koordinator KSPHP Dr. Tedy Dirhamsyah, SP., MAB.

Acara tanam perdana VUB Tebu di Blitar ini dihadiri oleh Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur, BAPEDA Kab. Blitar Suwandito , Dinas Pertanian dan Pangan Kab. Blitar, yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Ibu Nefi, Dinas Peternakan dan Perikanan Kab. Blitar, Direktur Polbangtan, Ka. Balittas Dr. Andy Wijanarko, SP., M.Si. Ka. BPTP Jawa Timur, Camat Binangun dan Muspika, Perwakilan PT. RMI, Para Kepala Desa se Kec. Binangun dan para petani tebu.

RPIK Tebu di Kabupaten Blitar terdiri dari Bongkar Ratun 10 ha, Rawat Ratun 35 ha, Pengembangan baru 5 ha total 50 ha. Pada kesempatan RPIK tersebut diserahkan bantuan bongkar ratun dan rawat ratun kepada kelompok tani. Acara dilanjutkan dengan tanya jawab dari para peserta.

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *