SOP Budidaya Temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb)

Budidaya dan Pengolahan Budidaya Temulawak Panduan Panduan-Temulawak Panduan-Temulawak

BUDIDAYA PERKEBUNAN – Temulawak merupakan salah satu tanaman obat yang banyak manfaatnya dan termasuk tanaman yang dibutuhkan dalam jumlah besar dibanding tanaman obat lainnya. Ajakan untuk menjadikan temulawak sebagai bahan baku minuman juga telah dicanangkan beberapa waktu yang lalu. Secara nasional kebutuhan temulawak telah cukup terpenuhi oleh produksi dalam negeri dan sebagian kecil yang telah diekspor.

Pengolahan produk hilir temulawak yang didasarkan pada temuan bahan-bahan aktif yang terkandung di dalam temulawak mendorong peningkatan permintaan pasar akan produk-produk temulawak. Buku SOP temulawak ini, dibuat berdasarkan pengetahuan yang telah diperoleh hingga saat ini, khususnya mengenai budidaya temulawak. SOP ini juga mengakomodasi budidaya yang dilakukan secara organik, selain menjabarkan SOP budidaya secara konvensional.

Besar harapan kami, buku SOP temulawak ini dapat menjadi pemacu pengembangan temulawak pada khususnya dan tanaman obat pada umumnya di Indonesia.

Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) sebagai instansi pemerintah yang banyak bergerak di hulu dan berinteraksi dengan petani, memandang perlu untuk membuat petunjuk teknis mengenai budidaya temulawak, sebagai bentuk antisipasi akan permintaan temulawak di masa datang yang diprediksi akan meningkat.

Download SOP Temulawak

 

2 thoughts on “SOP Budidaya Temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb)

    1. Terima kasih kasih sdh mengunjungi website kami. Mengenai pertanyaan Saudara, Buku SOP Budidaya Temulawak diterbitkan oleh Balittro tahun 2010, penulisnya Mono Rahardjo dan Otih Rostiana.
      Demikian, terima kasih.
      ttd.
      Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *