SOP Budidaya Purwoceng (Pimpinella pruatjan Molkenb.)

Budidaya dan Pengolahan Budidaya Purwoceng Panduan-Purwoceng

BUDIDAYA PERKEBUNAN – Purwoceng (Pimpinella pruatjan Molkenb) termasuk salah satu tanaman obat yang paling banyak dibicarakan terkait manfaatnya sebagai aprodisiak, khususnya untuk kaum lelaki. Sebagai tanaman obat yang mempunyai sebaran geografi terbatas, dan aspek budidayanya belum banyak diketahui.

Purwoceng banyak diambil dan ditambang dari alam, sehingga keberadaan tanaman ini terancam punah. BPOM juga telah melarang penggunaan purwoceng sebagai campuran bahan obat apabila bahan tanaman tersebut diambil dari alam.

Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro), sebagai balai nasional yang salah satu tupoksinya menghasilkan SOP budidaya tanaman obat merasa perlu untuk memberi pemahaman akan teknik budidaya tanaman purwoceng. Selain untuk mencegah kepunahan juga untuk mendorong masyarakat melakukan budidaya tanaman ini. Ketersediaan purwoceng yang cukup selain akan menambah pendapatan petani juga diharapkan membuka kesempatan masyarakat untuk meneliti dan mempelajari purwoceng lebih baik, sehingga pemanfaatan purwoceng untuk hal yang lebih luas dapat dilakukan.

Buku SOP purwoceng ini disusun berdasarkan pengetahuan yang telah dihimpun hingga saat ini. Sifat tanaman ini yang endemik di daerah Dieng membuat sebagian besar pustaka mengenai tanaman ini berasal dari Indonesia. Oleh karena itu masih terbuka untuk perbaikan buku SOP purwoceng ini di masa datang.

2 thoughts on “SOP Budidaya Purwoceng (Pimpinella pruatjan Molkenb.)

    1. Terima kasih telah mengunjungi website kami.
      Informasi lebih mengenai buku SOP Budidaya Purwoceng dapat menghubungi :
      BALITTRO
      Jl. Tentara Pelajar No.3, Cimanggu, Bogor-Jawa Barat 16111
      Telp : (0251) 8321879
      Fax : (0251) 8327010
      Email : balittro@litbang.pertanian.go.id
      Terima kasih. Was.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *