Sinergi dan Kolaborasi Penelitian Puslitbang Perkebunan dengan BRIN

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Puslitbang Perkebunan menerima kunjungan dari Badan Riset dan Inovasi Nasioal (BRIN) dalam rangka peningkatan sinergi dan kolaborasi periset terkait pengembangan komoditas tanaman perkebunan. Rombongan Tim Periset Balai Bioteknologi – OR PPT BRIN yang dipimpin oleh Irni Furnawanthi SP., M.Si, didampingi Linda Novita, S.Si., M.Si, Kasandra Budiarni, S.Si., Mardoni Elya, Tati Sukarnih diterima oleh Sudarsono SE (Sub Koodinator Pendayagunaan Hasil Penelitian) dan Dr. Sri Suhesti, S.P., M.P (Peneliti Puslitbang Perkebunan) bersama Staf KSPHP Puslitbang Perkebunan.

Acara diawali dengan sambutan dan ucapan selamat datang kepada Tim Periset Balai Bioteknologi BRIN oleh Sub Koordinator PHP dan dilanjutkan dengan penayangan video profil Puslitbang Perkebunan. Kepala Puslitbang Perkebunan Ir Syafaruddin, Ph.D mengapresiasi adanya kunjungan BRIN yang memiliki peran strategis bagi ekosistem reset dan Inovasi di Indonesia. Puslitbang Perkebunan selalu siap dan berupaya semaksimal mungkin untuk bekerja sama di bidang penelitian dan pengembangan komoditas perkebunan, termasuk berkolaborasi dengan BRIN.

Irni Furnawanthi SP., M.Si, juga menyampaikan permohonan maaf dari Kepala Balai Bioteknologi – BRIN (Dr.rer.nat. Anis H. Mahsunal. M.Sc.), yang tidak bisa hadir dan menyampaikan salam. Irni berharap peneliti dari Puslitbang Perkebunan dapat berintegrasi serta kolaborasi dengan BRIN karena setiap penelitian harus melibatkan instansi dari luar. Sebagai contoh, jika dalam satu proposal ada 6 orang periset, maksimal hanya 3 orang yang boleh berasal dari BRIN, sementara 3 lainnya harus dari mitra kerja pemerintah ataupun swasta.

Hesti pun mengapresiasi kunjungan Tim Periset BRIN, dan memaparkan Profil Laboratorium Unit Pengelola Benih Unggul Pertanian (UPBUP), Balitbangtan yang menjadi tujuan utama kunjungan dari Tim Periset BRIN.

Setelah berdiskusi, tim Peneliti Puslitbang Perkebunan beserta rombongan Tim Periset Balai Bioteknologi – OR PPT BRIN mengunjungi Laboratorium UPBUP. Di sana, para tamu mendapatkan penjelasan mengenai teknik perbanyakan benih komoditas perkebunan antara lain: tebu, nilam, vanili, kurma, kelapa, jambu mete melalui teknik kultur jaringan. Diharapkan kunjungan tersebut akan membuka peluang kerjas ama penelitian antara Puslitbang Perkebunan dan BRIN demi kemajuan riset bidang perkebunan di Indonesia. (Sudarsono/Tim Web)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *