Sedikit Cerita Tentang Rosela Herbal

Artikel Rosela Berita Perkebunan Highlight

BERITA PERKEBUNAN – Tanaman Rosella herbal (Hibiscus sabdariffa var. sabdariffa) menghasilkan kelopak bunga yang bermanfaat bagi kesehatan yaitu: Rosela hitam, ungu, merah, hijau dan putih. Semua ini digunakan karena kandungan vitamin C dan asam aminonya yang tinggi, serta nutrisi penting lainnya seperti makanan herbal/minuman sehat. Bunga Rosela hitam, ungu dan merah mengandung antosianin, sedangkan bunga Rosela hijau dan putih tidak mengandung antosianin.

Kelopak (calyx) adalah bagian dari bunga dan akan menjadi lebih besar dan lebih tebal untuk menutupi buah setelah proses penyerbukan. Bagian kelopak bunga ini merupakan produk utama dari herba Rosela karena mengandung nutrisi untuk kesehatan.

Kapsul adalah sejenis buah (bukan sebenarnya), yang terdiri dari bagian kelopak yang tampak utuh, anak kelopak (epycalyx), dan buah yang berisi biji yang tertutup kelopak. Beberapa nama populer rosela herbal yang berkembang di Indonesia diantaranya: Rosela, Roseli, Rosela Kembang, Rosela Bunga, Rosela Herbal, Rosela Buah, Asem-asem, Teh Rosela, dll.

Apa saja kandungan yang terdapat dalam Rosela Herbal, simak informasi pada link berikut : Sedikit Cerita Rosela Herbal (Hibiscus sabdariffa var. sabdariffa)

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *