Sagu, Kini dan Nanti di Luwu Utara

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Sagu merupakan salah satu tanaman palma yang sangat dekat dengan masyarakat Luwu Utara. Selain berbagai berbagai kuliner berbahan sagu yang merupakan menu wajib di Kabupaten yang dipimpin oleh Bupati yang cantik ini. Sebagai tanda kebanggaan warganya, pada logo Kabupaten Luwu Utara juga mencantumkan tanaman sagu.

Perjalanan diawali dengan rapat koordinasi fisik tim RPIK (Riset Pengembangan Inovatif Kolaboratif) di Balai Pengkajian Tenknologi Pertanian (BPTP) Sulawesi Selatan di Makassar. Beberapa hal dibahas terkait persiapan pelaksanaan base line survey untuk ‘memotret’ kondisi pengelolaan sagu di lokasi sasasan program RPIK.

Hari ke dua tim RPIK menuju ke Palopo, ibukota Luwu Utara. Selain bertemu dengan petani, penyuluh dan pelaku usaha pengolahan sagu, sempat bertemu Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani SIP, M.Si. Melalui penyampaian petani dan penyuluh diketahui keberadaan sagu di wilayah ini yang mulai mengkhawatirkan kelestarian populasinya akibat perubahan peruntukan lahan, kurangnya pohon yang siap ditebang per tahun, rendahnya nilai ekonomi pati sagu, produktivitas sagu, belum tersedianya benih unggul anakan sagu untuk pengembangan dan berbagai permasalahan sosial ekonomi .

Bagaimana catatan perjalanan tim ‘base line survey’ RPIK Sagu di Luwu Utara selanjutnya…. simak infonya pada link berikut : Tentang Sagu Kini dan Nanti di Luwu Utara

Sumber : Balai Penelitian Tanaman Palma (Balit Palma)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *