Safari Bimtek Tanaman Perkebunan Puslitbang Perkebunan di Jawa Tengah

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan mengadakan safari bimbingan teknis (Bimtek) di wilayah Jawa Tengah dengan tema: ”Percepatan Diseminasi Inovasi dan Teknologi Tanaman Perkebunan”. Bimtek diadakan dua kali, yaitu di Kabupaten Banyumas dengan mengusung komoditas tembakau sebagai topik utama, serta di Kabupaten Cilacap yang membahas tentang kopi.

Bimtek pertama dilaksanakan di Aula Kamandaka, Hotel Aston Imperium Purwokerto, pada hari Senin, 18 Oktober 2021. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kerja sama antara Puslitbang Perkebunan, Balitbangtan Kementan dengan H. Sunarna, S.E., M.Hum Anggota Komisi IV DPR RI.

Bimtek dibuka oleh Sunarna dan dihadiri oleh Drs. H. Sadewo Tri Lastiono (Wakil Bupati Kab. Banyumas), Dr. Tedy Dirhamsyah, SP, MAB (mewakili Kepala Puslitbang Perkebunan), Ir. Jaka Budi Santosa, MM (Kepala Dinas Pertanian Kab. Banyumas), Sunoto, SE (mewakili Kepala BPTP Jateng serta 145 petani Kab. Cilacap sebagai peserta.

Wakil Bupati Banyumas dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada semua tamu undangan dan peserta bimtek. Ia juga mengapresiasi bantuan yang telah diberikan oleh Puslitbang Perkebunan, yakni berupa 20.000 benih kopi arabika bersertifikat dan 1.000 benih kelapa dalam unggul bersertifikat. Sadewo pun mengungkapkan ketertarikannya untuk mengembangkan kakao di daerahnya untuk mengubah mindset petani dari menanam singkong ke kakao. Kalau perlu, petani akan dikirimkan ke Puslitbang Perkebunan untuk belajar budidaya, penanganan penyakit, sampai ke pengemasan dan pemasaran kakao.

Tedy mewakili Kepala Puslitbang Perkebunan (Ir. Syafaruddin, Ph.D) yang berhalangan hadir mengucapkan terima kasih kepada Sunarna yang telah menginisiasi pelaksanaan bimtek di Kabupaten Banyumas. Beliau menyampaikan pesan Kepala Pusat kepada para peserta bimtek agar senantiasa optimis di masa pandemi Covid-19 dan tetap menjaga kesehatan. Dalam paparannya, beliau menyampaikan profil Puslitbang Perkebunan beserta keempat balainya.

Pelaksanaan bimtek ini bertujuan untuk mendiseminasikan hasil inovasi teknologi yang telah dihasilkan Puslitbang Perkebunan agar dapat meningkatkan wawasan, khususnya tentang tanaman tembakau bagi petani. Harapannya, teknologi ini bisa diadopsi masyarakat, dan kerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Banyumas semakin erat.

Sunarna pun bersyukur kegiatan bimtek dapat terlaksana dengan baik dan berterima kasih kepada Puslitbang Perkebunan yang telah memfasilitasi serta membantu pembagian benih dan ilmu kepada para petani di Kab. Banyumas. Ia berpesan, ilmu yang telah didapat dari bimtek jangan disimpan untuk diri sendri, tapi juga perlu ditularkan ke petani lain yang tidak dapat hadir karena keterbatasan tempat dan adanya protokol kesehatan. Sunarna berharap, setelah pelaksanaan bimtek ini, petani harus bisa mempraktikkan ilmunya, sehingga produktivitas tanaman dapat meningkat dan petani menjadi lebih sejahtera.

Setelah pemberian cindera mata dari Puslitbang Perkebunan kepada para undangan, bimtek dimulai dengan paparan berjudul: Kebijakan Komoditas Perkebunan di Kab. Banyumas oleh Ir. Jaka Budi Santosa, MM dipandu Dr. Tedy Dirhamsyah, SP, MAB. Adapun materi kedua berjudul “Pengenalan Varietas dan Budidaya Tembakau” dibawakan oleh Peneliti Madya dari Balittas dipandu Dwi Budi Hermawan, S.Sos. Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab dengan para petani. (Sudarsono/Tim Web)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *