Rapim Balitbangtan, Percepatan Realisasi Anggaran dan Akselerasi Penciptaan VUB

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan) mengadakan Rapat Pimpinan (Rapim) secara offline dan online di Gedung Display Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan Bogor pada Rabu 19 Mei 2021. Acara dibuka oleh Sekretaris Balitbangtan Dr. Haris Syahbuddin, DEA, kemudian dilanjutkan dengan arahan oleh Kepala Balitbangtan Dr. Fadjry Djufry, M.Si.

Kepala Balitbangtan mengapresiasi pencapaian Balitbangtan sampai dengan bulan Mei 2021. Selanjutnya perlu dilakukan percepatan capaian untuk 7 bulan ke depan. Kabadan juga menekankan perlunya akselerasi program penciptaan VUB yang kekinian menggunakan teknologi baru.

Dalam arahannya, Kabadan pun berharap agar UK/UPT lingkup Balitbangtan dapat meningkatkan diseminasi teknologi yang dihasilkan oleh Satker, sehingga stakeholders dapat mengaplikasikan dan memanfaatkannya. “Harapannya adalah benih/bibit dapat diproduksi dan terdiseminasikan secara masif, termasuk dengan teknologinya, baik komoditas perkebunan, tanaman pangan, hortikultura, dan peternakan”, ujar Kabadan.

Sekretaris Balitbangtan dalam paparannya mengatakan bahwa pagu indikatif tahun 2022 yang mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. Artinya, perlu dilakukan efisiensi kegiatan dan lebih banyak menjaring kerja sama dengan mitra terkait.

Sesba juga memaparkan tentang: (1) realisasi anggaran lingkup Balitbangtan per 18 Mei 2021, (2) rancangan pagu indikatif Balitbangtan tahun 2022, (3) pengembangan pemuliaan tanaman dan varietas Balitbangtan, (4) perkembangan pedoman teknis perbenihan, (5) hilirisasi hasil Balitbangtan, serta (6) tindak lanjut percepatan.

Usai sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan laporan oleh Kepala Puslit dan Balai Besar mengenai hasil teknologi yang telah dihasilkan.

Kepala Puslitbang Perkebunan Ir. Syafaruddin, Ph.D. menyampaikan terkait realisasi anggaran lingkup Puslitbang Perkebunan, progress pelaksanaan RPIK, kondisi tenaga kontrak, dan tindak lanjut hasil rapat dengan Biro Perencanaan Kementan sebelumnya. Kapuslitbangbun hadir secara luring didampingi oleh Koordinator Program dan Evaluasi Dr. Abdul Muis Hasibuan, Kepala Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) Dr. Evi Savitri Iriani, sementara Kepala Balit Palma Dr. Ismail Maskrono, Kepala Balittas Dr. Andy Wijanarko, dan Kepala Balittri Dr. Tri Joko Santoso serta Koordinator dan Sub Koordinator hadir secara daring melalui zoom meeting. (Bur/Tim web)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *