Puslitbangbun siapkan Seminar Online “Dukungan Inovasi Teknologi Perkebunan di Era AKB”

Aktifitas Puslitbangbun Berita Perkebunan Highlight Indonesia

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun), Ir. Syafaruddin, Ph.D menyelenggarakan rapat khusus persiapan penyelenggaraan Seminar Online yang akan membahas topik mengenai Dukungan Inovasi Teknologi Perkebunan di Era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) via teleconference, bersama dengan seluruh Kepala Balai dan Peneliti Lingkup Puslitbangbun pada senin (7/7).

Syafaruddin menegaskan bahwa seminar ini harus mampu memberikan dampak positif bagi masyakarat khususnya berkaitan dengan informasi mengenai teknologi yang telah dihasilkan Puslitbangbun.

“Saya sangat berharap masukan dari bapak/ibu sekalian sehingga kita akan mampu menyelenggarakan acara seminar online yang dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat luas baik itu bersifat edukatif maupun informatif tentang inovasi teknologi perkebunan yang telah kita hasilkan”, Ujar Syafaruddin.

Lebih lanjut beliau juga berharap dalam seminar kali ini Puslitbangbun mampu menghadirkan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Bapak Dr. Ir. Fadjry Djufry sebagai key note speaker untuk sekaligus memberikan arahan terkait rencana program penelitian Puslitbangbun kedepan dalam mendukung program kerja Balitbangtan Kementerian Pertanian di era AKB.

Dalam rapat koordinasi ini Kepala Balai lingkup Puslitbangbun memberikan masukan bahwa seminar online yang rencananya akan diadakan pada pertengahan bulan Juli 2020 perlu juga mengangkat isu yang berkaitan dengan pencegahan sekaligus penanggulangan wabah Covid-19. Lebih jauh seminar ini tentunya dapat membahas produk-produk unggulan Puslitbangbun yang mampu meningkatkan imunitas dan menjaga kesehatan tubuh, diantaranya seperti Virgin Coconut Oil (VCO) yang berbahan dasar kelapa dari Balai Penelitian Tanaman Palma (Balit Palma), produk berbahan dasar minyak atsiri untuk kesehatan dari Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro), Teh roselindo yang sudah tembus ke mancanegara dari Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas), serta Kopi Purwoceng untuk vitalitas tubuh dari Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri).

Selain itu para Peneliti lingkup Puslitbangbun turut menyampaikan gagasannya agar dalam seminar tersebut dapat melibatkan pihak eksternal sebagai narasumber (Internal kementan/Swasta/Kementerian lain) yang berkaitan dengan tema yang diangkat, sehingga mampu memberikan pandangan dan masukan terhadap inovasi yang telah dihasilkan Puslitbangbun.

Harapannya seminar online yang akan diselenggarakan oleh Puslitbangbun tersebut mampu memfasilitasi keinginan masyarakat saat ini terhadap informasi di bidang inovasi teknologi tanaman perkebunan khususnya di era Adapatasi Kebiasaan Baru. (Anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *