Puslitbangbun Raih Penghargaan Tertinggi Lomba Video lingkup Kementerian Pertanian

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun) Badan Litbang Pertanian berhasil meraih penghargaan tertinggi sebagai juara pertama dalam lomba Video Singkat Instagram, dengan tema “Petani Tetap Berproduksi, Stok Pangan Aman” yang diselenggarangkan oleh Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian (Kementan) bekerja sama dengan Media Indonesia.

Kegiatan yang terbagi dalam dua kategori ini (internal Kementan dan kategori umum) diikuti lebih dari 800 peserta dari seluruh Indonesia, dimulai sejak tanggal 1 April 2020 sampai dengan 22 Mei 2020. Adapun objek video yang diangkat berkaitan dengan petanian, antara lain: tanaman pangan, peternakan dan perkebunan, proses tanam, panen, distibusi, pemasaran, sumber daya manusia pertanian terkait penyuluhan, pelatihan dan pendidikan, peningkatkan produktivitas pangan dengan inovasi dan teknologi, digitalisasi, aplikasi serta platform pertanian dengan pertanian modern, petani milenial, infrastruktur dan sarana pertanian.

Tim Humas Puslitbangbun turut ikut serta dengan mengangkat objek petani sayuran yang masih bekerja ditengah pandemic Covid-19 di Kabupaten Tangerang, Banten. Berkoordinasi dengan Penyuluh pertanian setempat, Humas Puslitbangbun fokus terhadap pesan yang ingin disampaikan oleh para petani agar masyarakat tetap tenang terhadap stok pangan khususnya sayuran yang diproduksi petani. Selain itu masyarakat seperti biasa dapat membeli sayuran secara langsung maupun melalui aplikasi online, sebagai upaya meningkatkan akses pangan masyarakat Indonesia, sehingga harga pangan tetap stabil.

Kepala Puslitbangbun Ir. Syafaruddin, Ph.D bangga atas prestasi yang diperoleh tim Humas Puslitbanbun saat ini. Beliau menyampaikan selamat sekaligus harapannya kedepan, agar Humas Puslitbangbun dapat terus berkarya, meningkatkan berprestasi serta mampu lebih maksimal mendiseminasikan informasi terkait teknologi hasil penelitian lingkup Puslitbangbun dalam bentuk video yang unik dan menarik bagi masyarakat.

“Saya merasa senang sekaligus sangat bangga terhadap prestasi yang diperoleh oleh tim Humas Puslitbangbun saat ini. Penghargaan ini jadi bukti, bahwa Puslitbangbun selalu berusaha secara maksimal mendukung program kegiatan Balitbangtan Kementan diantaranya Ketahanan Pangan” Ujar Syafaruddin.

Selain Puslitbangbun, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Barat Balitbangtan dan Sekretariat Badan Litbang Pertanian berhasil keluar sebagai juara kedua dan ketiga dalam lomba video kali ini. Pemeringkatan ini telah menempatkan Badan Litbang Pertanian diposisi tertinggi ditingkat eselon I lingkup Kementan dimana Unit Kerjanya berhasil berada diposisi tiga besar diantara seluruh peserta dari seluruh Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *