Puslitbangbun Optimalkan Pengelolaan Dan Pelayanan Informasi Publik

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun) terus berupaya mengoptimalkan peran pengelolaan dan pelayanan informasi publik dengan ikut serta dalam kegiatan “Bimbingan Teknis Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik” yang diselenggarakan oleh Kementerian Pertanian, Kamis (27/2) di Bogor, Jawa Barat.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan yang diwakili oleh Kepala Bagian Pengelola Informasi Publik, Komarudin, SE., M.Sc. Dalam sambutannya Komarudin menjelaskan kegiatan ini merupakan salah satu upaya Biro Humas Kementan meningkatkan kualitas pelayanan informasi bagi masyarakat yang harus dimiliki oleh setiap Petugas PPID Kementerian Pertanian. Ia juga menambahkan, Bimtek ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan di tahun 2020 dan akan berlanjut di beberapa daerah lainnya agar Petugas PPID di UPT Kementan seluruh Indonesia mendapatkan informasi yang sama terkait pengelolaan informasi publik sesuai standar yang berlaku.

Kepala Pusat Data dan Informasi Kementan Dr. Ir. I Ketut Kariyasa, M.Si yang hadir sebagai narasumber menjelaskan terkait arahan menteri pertanian untuk memperbaiki data pertanian Indonesia yang masih belum valid, salah satunya dengan Agriculture War Room (AWR).

AWR merupakan sebuah sistem berbasis teknologi komputer yang dipadukan dengan jaringan satelit untuk memantau secara langsung kondisi pertanian di seluruh Indonesia secara akurat dan realtime.

“Dengan AWR ini diharapkan kementerian pertanian mampu mewujudkan pertanian yang Maju, Mandiri dan Modern”, ujar Kapusdatin

Selain itu Ketut juga menambahkan, bahwa makna pertanian yang maju yaitu bagaimana agar kita melakukan lompatan dalam pencapaian target yang dituju, sedangkan mandiri berarti tidak bergantung pada bangsa lain, serta modern yaitu dimana sistem pertanian kita seluruhnya dapat dilakukan dengan mudah menggunakan teknologi.

Pada sesi akhir narasumber dari Tenaga Ahli Komisi Informasi Pusat, Tyas Tirta Asih turut memaparkan materi mengenai keterbukaan informasi publik pada suatu lembaga pemerintah dan sengketa informasi yang dapat terjadi termasuk bagaimana upaya terbaik dalam penyelesaiannya.

Diharapkan setelah mengikuti kegiatan Bimtek ini, PPID Puslitbangbun semakin mampu memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat dengan maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *