Puslitbangbun bersama Balittri Siap Gelar Bimtek Padat Karya

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Pandemi virus Covid-19 yang melanda Indonesia sejak awal tahun 2020 tidak hanya berdampak pada masalah kesehatan, tapi juga berimplikasi terhadap sosial ekonomi masyarakat termasuk para petani. Banyak dari mereka yang berkurang pendapatan bahkan kehilangan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Bimbingan Teknis (Bimtek) padat karya merupakan salah satu langkah strategis Kementerian Pertanian membantu masyarakat, khususnya petani yang terdampak pandemi virus Covid-19. Caranya dengan mengkaryakan mereka dalam berbagai kegiatan, diantaranya: gerakan pengendalian OPT secara massal, padat karya olah tanah dan percepatan tanam, padat karya perkebunan, dan padat karya rehabilitasi lahan, jaringan irigasi dan usaha tani. Selain itu juga ada kegiatan lain seperti: padat karya pembangunan embung pertanian, padat karya optimasi lahan rawa, padat karya irigasi perpipaan dan perpompaan serta antisipasi kekeringan dan banjir. Di sektor pembinaan, ada kegiatan: padat karya Sekolah Lapang Petani, penumbuhan jiwa kewirausahaan dan penyerapan tenaga kerja pertanian serta pembinaan UMKM pertanian.

Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun) sebgai unit kerja Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian bersama Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) sebagai unit pelaksana teknis yang berlokasi di Jalan Raya Pakuwon Km. 2 Parungkuda, Sukabumi, 43357 Jawa Barat Indonesia, pada hari Selasa tanggal 2 Maret 2021, mengadakan koordinasi dalam rangka persiapan menggelar bimtek padat karya yang rencananya dilangsungkan pada tanggal 9 Maret 2021 mendatang. Acara tersebut rencananya juga akan dihadiri oleh Bapak Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo. Acara rapat dipimpin langsung oleh Kepala Puslitbangbun, Bapak Ir. Syafaruddin, Ph.D. dan Kepala Balittri, Dr. Tri Joko Santoso, S.P., M.Si, untuk menyusun acara dan memastikan sarana, fasilitas, perlengkapan serta seluruh jajaran staf siap untuk berpartisipasi aktif mendukung suksesnya bimtek padat karya.

Koordinasi dilanjutkan dengan kunjungan lapang ke Taman Sains Pertanian Balittri, sebagai lokasi yang direncanakan untuk melangsungkan bimtek padat karya. Pada kesempatan tersebut, Bapak Dr. Tedy Dirhamsyah, SP., M.Si selaku Koordinator Substansi Kerjasama dan Pendayagunaan Hasil Pertanian Puslitbangbun, menyampaikan bahwa bimtek padat karya merupakan peluang bagi Balittri untuk memperkenalkan inovasi dan teknologi pertanian yang dihasilkan kepada para petani. Pada kegiatan Bimtek padat karya nanti, petani akan diajarkan teori mengenai budidaya tanaman dan juga diajak langsung terjun ke lapang didampingi oleh para ahli, untuk melakukan praktek olah tanah dan pembibitan tanaman.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Balittri juga menyampaikan harapannya agar petani yang akan dilibatkan pada kegiatan Bimtek padat karya merasa antusias, karena selain ada pembekalan terkait inovasi budidaya tanaman, pada acara nanti juga akan dilakukan pembagian benih kopi arabika gratis secara simbolis kepada petani oleh Menteri Pertanian. Rencananya dalam rangkaian acara kegiatan Bimtek padat karya tersebut, Menteri Pertanian juga akan berkunjung ke Laboratorium Lapang Biodiesel. (Herwindo/Tim Web).

Berita terkait : Puslitbang Perkebunan Mempersiapkan Bimtek Padat Karya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *