Puslitbang Perkebunan Tindaklanjuti Perjanjian Kerja Sama dengan UNTIDAR dan UNS

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Perjanjian Kerja sama yang ditandatangani pada hari Selasa 29 September 2020 ditindaklanjuti dengan kunjungan kerja Kepala Pusat beserta Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbang Perkebunan) ke Fakultas Pertanian Universitas Tidar (UNTIDAR) Magelang dan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo Jawa Tengah. Tim yang dipimpin oleh Kepala Puslitbang Perkebunan (Ir. Syafaruddin, Ph.D.), melaksanakan kunjungan kerja tindaklanjut kerja sama selama 5 hari, 30 September – 4 Oktober 2020.

Syafaruddin sangat medukung kegiatan Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka, dan menyampaikan upaya percepatan diseminasi inovasi teknologi perkebunan ke masyarakat dengan menjalin perluasan kerja sama dengan berbagai stakeholder. Perguruan tinggi salah satu target utama dalam menjaling kerja sama Puslitbang Perkebunan, mengingat perguruan tinggi adalah tempat untuk pembangunan Sumber daya Manusia Unggul yang dipersiapkan menjadi agen perubahan disektor pertanian – perkebunan.

Kunjungan kerja Tim Puslitbang Perkebunan ke Fakultas Pertanian UNTIDAR Magelang Jawa Tengah diterima dan disambut dengan baik oleh Dekan Faperta Ir. Usman Siswanto, M.Sc., Ph.D, Wadek 1 Ir. Murti Asyiningrum, MP., Wadek 2 Dr. Ir. Sri Hidayati, MP, para dosen dan staf Fakultas Pertanian UNTIDAR. Hal-hal penting yang dibahas dalam tindak lanjut perjanjian kerja sama antara lain: Kerja Sama Bidang Penelitian; Diseminasi Teknologi; Sinergi Program dan Kegiatan Penelitian; Bimbingan Teknis; Pertemuan Ilmiah dan Publikasi; Transformasi Teknologi; Magang/Kerja Praktek Mahasiswa; Mendukung Proses Belajar Mengajar; Bimbingan Tesis dan Disertasi; Kerja sama pelepasan varietas.

Setelah diskusi Dekan Faperta UNTIDAR bersama Tim Puslitbang Perkebunan berkunjungan lapangan Kebun Percobaan milik Fakultas Pertanian UNTIDAR di Magelang. Kebun percobaan Faperta UNTIDAR yang mempunyai koleksi tanaman obat sebanyak 171 jenis, sebagian besar merupakan tanaman obat lokal. Selain koleksi tanaman obat, Faperta UNTIDAR juga memiliki koleksi tanaman unggulan seperti ubi, ganyong dan purwoceng di kebun percobaan yang berlokasi di Kabupaten Temanggung. Dalam waktu dekat rencananya Faperta UNTIDAR akan menanam kopi seluas 5 ha di kebun percobaan Temanggung, jelas Usman.

Tim Puslitbang Perkebunan melanjutkan kunjungan tindaklanjut kerja sama ke Fakultas Pertanian UNS Solo pada tanggal 2 Oktober 2020. Syafaruddin beserta Tim diterima dengan antusias dan mengucapkan banyak terimakasih disampaikan oleh Dekan Faperta Prof. Dr. Samanhudi, SP., M.Si., IPM, Asean Eng, yang didampingi jajaran pimpinan FP UNS : Dr. Agung Wibowo, SP., M.Si., Dr. Rahayu, SP., M.Sc., Dr. Padmaningrum Dwiningtyas, SP., M.Si , serta dosen Faperta UNS. Kegiatan diskusi membahas tindak lanjut perjanjian kerja sama antara lain: Beasiswa pendidikan bagi staf Puslitbang Perkebunan untuk melanjutkan studi S2 dan S3 di Faperta UNS; Dosen Tamu S1, S2 dan S3 di Faperta UNS dari Puslitbang Perkebunan; Magang Mahasiswa Faperta UNS di Puslitbang Perkebunan; Penelitian Kerja sama (Collaborative/Joint research); Riset Penemuan Inovasi Baru, maupun riset – riset dasar; Penelitian Dosen dan Mahasiswa (Disertasi, Tesis, Tugas Akhir/Skripsi), terkait fasilitas dan SDM research bersama; Seminar hasil riset, Publikasi Internasional dan lain-lain; Diseminasi Inovasi Teknologi Perkebunan (KKN Tematik, Kursus Tani, Penyuluhan dll); Pemberdayaan Masyarakat di Bidang Perkebunan (KKN Tematik, Kursus Tani, Penyuluhan dll).

Tim Puslitbang Perkebunan beserta Pimpinan Faperta UNS pada Hari Sabtu-Minggu, 3 – 4 Oktober 2020 melanjutkan kunjungan ke beberapa lokasi desa binaan dan kebun percobaan milik Faperta UNS diantaranya: kunjungan ke Desa Menjing, Kec. Jenawi, Kab. Karanganyar sebagai salah satu Desa Binaan Faperta UNS. Desa Menjing rencananya akan dibangun Agro Edu Wisata (AEW) seluas 9,1 ha oleh Desa Menjing didampingi Faperta UNS. Agro Edu Wisata (AEW) Desa Menjing saat ini sedang pada tahap pembangunan infrastruktur jalan ke lokasi AEW dengan menggunakan dana Desa. Lokasi tersebut juga akan dibangun embung, pertanian terpadu, padang penggembalaan sapi dan lain-lain. Desa Menjing juga berdekatan dengan lokasi wisata Candi Sukuh Desa Berjo, Kec. Ngarsoyoso, Kab. Karanganyar, jelas Agung.

Dekan UNS juga mengajak Tim Puslitbang Perkebunan berkunjungan ke UPT Pendidikan dan Pelatihan Kehutanan UNS di KHDTK Gunung Bromo Kab. Karanganyar seluas 126 ha. Seluas 12,6 ha. yang akan digunakan untuk sarana penelitian hutan dan lingkungan UNS, serta mengakhir kunjungan ke lokasi Desa Binaan Faperta UNS di Desa Genilangit, Kec. Poncol, Kab. Magetan Jawa Timur, yang memiliki potensi pengembangan sayuran, wisata alam dan saat ini sudah dikembangkan Wisata Taman Geni langit seluas kurang lebih 6 Ha., yang dikelola oleh Karang Taruna, dengan desain dan publikasi dari Mahasiswa Faperta UNS.(Tim web)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *