Puslitbang Perkebunan Tindaklanjuti Arahan Menteri Pertanian Melalui Aksi Peduli Masyarakat Terdampak Pandemi Covid-19

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Hingga saat ini, perkembangan Pandemi Covid-19 yang masih mengkhawatirkan dan diperlukan perhatian semua pihak untuk mencegah penyebaran dan dampaknya yang meluas. Menyikapi hal tersebut, Menteri Pertanian merancang program darurat yang operasional untuk meredam dampak terutama terhadap masyarakat miskin yang sangat menganggu terhadap kelangsungan hidup. Untuk itu, Kementan merespon situasi pandemik saat ini dan mendorong semua pihak lingkup Kementan untuk mengambil peran melalui kegiatan peduli.

Berdasarkan hasil rapat pimpinan seluruh pejabat eselon 1-2 Lingkup Kementan, pada 29 Juli 2021. Menteri Pertanian menugaskan agar setiap UK/UPT membentuk gugus tugas penanganan dampak pandemi covid-19, salah satunya melalui distribusi bantuan konsumsi kepada masyarakat yang terdampak.

Implementasi dari arahan Mentan tersebut berupa makanan siap konsumsi dan atau sembako dalam bentuk aksi peduli Puslitbang Perkebunan. Rencana aksi akan digulirkan selama 2 bulan atau 60 hari atau sejumlah 3.000 bungkus dengan jumlah distribusi 50 orang per hari oleh masing-masing UK/UPT, termasuk Puslitbang Perkebunan.

Untuk menyukseskan program ini, Kepala Puslitbang Perkebunan, Ir. Syafaruddin, Ph.D mengajak para pegawai untuk berkontribusi memberikan donasi seikhlasnya. Hal tersebut disampaikan pada saat apel pagi (2/8/2021). Kapus juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pegawai yang telah merespon cepat arahan Mentan tersebut yaitu dengan memberikan bantuan paket makanan siap konsumsi dengan sukarela.

“Ini adalah bentuk simpati dan keprihatinan kita. Terima kasih begitu digulirkan sudah banyak yang merespon dan dengan sukarela memberikan bantuannya. Kalaupun nanti selama 2 bulan donasi yang terkumpul berlebih, akan kita berikan semua. Semoga bisa meringankan beban saudara-saudara kita yang terdampak Covid-19,” Ujar Kapus.

Selain itu, Kapus juga menegaskan kepada gugus tugas untuk segera bekerja dalam upaya menghimpun semaksimal mungkin pengumpulan bantuan serta segera merancang program aksinya hingga 2 bulan ke depan dengan berkoordinasi dengan UK/UPT terkait, sehingga kegiatan berjalan sesuai target dan memberikan dampak positif terhadap masyarakat yang terdampak.

Dalam arahannya, Kapuslitbangbun juga mengingatkan bersamaan dengan HUT RI ke-76, agar seluruh pegawai memasang bendera merah putih di rumah masing-masing terhitung 1-31 Agustus 2021. Jayalah Bangsaku, Sejahteralah Negeriku. (Nurul/Tim Web)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *