Puslitbang Perkebunan Teken Perjanjian Kerja Sama dengan 3 Institusi

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Pusat Penelitan dan Pengembangan Perkebunan selalu berkomitmen memperluas diseminasi teknologi dan inovasinya ke berbagai stakeholder, baik melalui pameran, bimtek, publikasi, maupun kerja sama dengan pihak lain. Hal ini dibuktikan dengan ditandatanganinya tiga perjanjian kerja sama (PKS) pada hari Jumat, 24 September 2021.

Dua di antaranya bekerja sama dengan perguruan tinggi, yakni Universitas Pasir Pengaraian (UPP) dan Universitas Pattimura (Unpatti). Tujuan kolaborasi dengan institusi pendidikan adalah mendukung pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan pelaksanaan Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM).

Berbagai macam kegiatan akan dilaksanakan sebagai bentuk tindak lanjut kerja sama. Di antaranya program magang/PKL, program dosen tamu, pendampingan penerapan hasil inovasi teknologi perkebunan, dll. Sebagai langkah awal, kuliah umum juga telah dilakukan bersamaan dengan acara penandatanganan PKS.

Selain perguruan tinggi, Puslitbang Perkebunan juga menandatangani PKS dengan Pusat Penelitian Kelapa Sawit Medan. Rencananya, mereka akan berkolaborasi dalam penelitian dan pengembangan komoditas kelapa sawit, publikasi hasil penelitian, pelaksanaan bimtek dan pendampingan petani sawit, dll.

Kepala Puslitbang Perkebunan, Ir. Syafaruddin, Ph.D, menyambut positif penandatanganan PKS ini. “Saya bangga sekali bisa berkolaborasi, bermitra dengan Bapak dan Ibu sekalian. Kami sebagai lembaga penelitian selalu siap untuk menerima adik-adik mahasiswa yang akan magang, melakukan penelitian, atau ikut dalam bimtek kami nanti,” ujarnya.

“PPKS juga selalu menjadi tolok ukur bagi kami dalam melakukan riset kelapa sawit. Saya harap ini bukan sekadar penandatanganan di atas kertas, tapi ada implementasinya. Ke depannya, kita harus langsung melihat apa langkah nyata yang harus kita lakukan berikutnya,” lanjut Pak Kapus.

Hingga berita ini diturunkan, sudah ada 8 PKS yang telah ditandatangani selama 2021. Sebelumnya, Puslitbang Perkebunan telah meneken PKS dengan Pemda Kab. Lampung Tengah, PT CME, Fakultas Bioindustri Universitas Trilogi, PT RMI, dan Kapok Japan. (Nurul/Tim Web)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *