Puslitbang Perkebunan Sosialisasikan Program Pengembangan Tebu Berbasis Inovasi dan Kawasan di Blitar

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Kementerian Pertanian melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) tahun 2021 melaksanakan Riset Pengembangan Inovatif Kolaboratif (RPIK) tebu di Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbang Perkebunan) sebagai salah unit kerja Balitbangtan melaksanakan sosialisasi program pengembangan RPIK di Kecamatan Binangun, Kab. Blitar (3/6/21).

Sosialisasi pembangunan berkelanjutan tebu di daerah diikuti lebih kurang 100 perwakilan dari masing-masing penanggung jawab RPIK tebu dari Puslitbang Perkebunan, Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas), Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BB Mektan), Loka Penelitian Sapi Potong, petani/kelompok tani tebu peserta program RPIK tebu 2021, perwakilan dari Dinas Perkebunan Kab. Blitar, PG Rejoso Manis Indo, PG. Ngadirejo, Camat Binangun, Kepala Desa Ngembul, dan Mahasiswa Polbangtan. Kegiatan dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan dengan mewajibkan cuci tangan, memakai masker dan hand sanitizer, serta duduk di kursi yang diberi jarak antar peserta.

Acara diawali dengan sambutan Camat Binangun Hendry Bagus Dwitanto, SH. MM., dimana ia berpesan agar para petani binaan dapat berperan aktif dan memanfaatkan kegiatan RPIK tebu ini, sehingga dapat mengembangkan pertanian di wilayah Blitar, khususnya di wilayah Binangun, ujarnya. Selain itu kepada mahasiswa/alumni Polbangtan Blitar dapat dilibatkan dalam kegiatan sambil menunggu penempatan dari Kementerian Pertanian.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Blitar yang diwakili oleh Harsono, SP, dilanjutkan dengan pembukaan secara resmi oleh Kepala Puslitbang Perkebunan yang diwakili oleh Sub Koordinator Evaluasi Jumari S.IP. Dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan harapannya untuk mendapatkan dukungan dan kerjasama dari petani, pemerintah daerah serta pabrik gula untuk menerapkan teknologi yang telah dihasilkan oleh Puslitbang Perkebunan dalam mendorong pengembangan tebu di Blitar dan peningkatan kesejahteraan petani.

Kegiatan Sosialisasi Program Pengembangan Tebu Berkelanjutan Berbasis Inovasi dan Kawasan disampaikan oleh Kepala Balittas yang diwakili oleh Koordinator Program Balittas Dr. Ir. Budi Hariyono, M.P. Program yang akan dilaksakan terdiri 4 program prioritas utama, ujar Budi. Antara lain (1) Peningkatan produktivitas tebu melalui pengembangan VUB dan teknologi pendukung, (2) Peningkatan kapasitas perbenihan, 3) Teknologi pasca panen dan rekayasa alsintan, dan 4) Pengembangan sistem integrasi tebu ternak sapi.

Dalam sesi diskusi, para petani menyampaikan permasalahan yang ditemukan pada kegiatan RPIK tebu untuk memperoleh solusinya.

Kegiatan sosialisasi diakhiri dengan sambutan oleh Lurah Desa Binangun yang menyampaikan terima kasih dan berharap kegiatan tersebut dapat terus bermanfaat bagi masyarakat Binangun khususnya para petani tebu. (Tim web)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *