Puslitbang Perkebunan Perluas Kerja Sama dengan Pemda Lampung Tengah untuk Pengembangan Kurma Tropis

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Selasa, 8 Juni 2021, Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbang Perkebunan) resmi menandatangani perjanjian kerja sama (PKS) dengan Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah. Penandatanganan dilakukan oleh Bupati Lampung Tengah, H. Musa Ahmad, S.Sos, dan Kepala Puslitbang Perkebunan, Ir. Syafaruddin, Ph.D, yang diwakili kehadirannya oleh Dr. Tedy Dirhamsyah, S.P., M.A.B. selaku Koordinator Kerja Sama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian.

Penandatanganan PKS ini menjadi awal mula kerja sama kedua instansi tersebut, untuk langkah awal akan dikembangkan komoditas kurma tropika di Kabupaten Lampung Tengah. Puslitbang Perkebunan menyatakan siap berbagi teknologi dan inovasi hasil risetnya untuk menyukseskan kerja sama ini.

Lewat kolaborasi ini, Lampung Tengah diharapkan dapat menjadi sentra produksi kurma tropis di Indonesia. Tidak hanya itu, kabupaten ini juga didorong untuk menjadi pionir agroeduwisata kurma yang mampu menarik minat para wisata domestik dan internasional. Ini adalah terobosan penting dalam upaya meningkatkan potensi pendapatan daerah sekaligus sebagai Pendapan Asli Daerah (PAD), tegas Tedy pada sambuatan usai penandatanganan yang dihadiri oleh seluruh pejabat Pemda dan Ketua Dewan Riset Daerah.

H. Musa Ahmad memiliki komitmen dan kepedulian terhadap pengembangan serta kemajuan sektor pertanian, terutama perkebunan. Hal tersebut dibuktikan dengan tagar “Pertanian Berjaya” yang menjadi tagline Kabupaten Lampung Tengah. Dalamsambutannya, ia mengaku senang bisa bekerja sama dengan Puslitbang Perkebunan. Ia berharap kerja sama ini bisa ditindaklanjuti dengan baik sehingga pengembangan kurma tropis di Lampung Tengah dapat terlaksana. Musa berharap pengembangan kurma akan mampu memacu pertumbuhan ekonomi dan menjadikan Lampung tengah sebagai rujukan nasional.

Usai penandatanganan, dilakukan kunjungan ke lokasi tanaman kurma yang dimiliki oleh pondok pesantren dan masjid. Dalam diskusi lapang, Wakil Ketua DPRD Ir. Sutomo berharap kerja sama pengembangan kurma di Lampung Tengah tidak hanya mendorong tingkat pendapatan masyarakat, namun mampu juga untuk pengembangan riset kurma.

Dalam pelaksanaan dan tindak lanjut kegiatan, Pemda Lampung Tengah melalui Dinas terkait seperti Balitbangda, Dewan Riset Daerah dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Lampung akan bermitra langsung dengan Balai Penelitian Tanaman Palma Manado yang merupakan UPT Puslitbang Perkebunan. Balit Palma telah mendapatkan mandat baru untuk pengembangan kurma tropika dengan memanfaatkan teknologi yang dimilikinya.

Selain Perjanjian Kerja Sama, pada kesempatan itu Kabupaten Lampung Tengah juga mendandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan). MoU ini menjadi peluang Lampung Tengah untuk bekerja sama dalam mengembangkan komoditas selain kurma yaitu pangan, hortikultura dan peternakan. (Sae dan TIM WEB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *