Puslitbang Perkebunan Perluas Kerja Sama dengan Konsorsium PRN Multidisiplin dan Lintas Sektoral (KEHATI)

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan Ir. Syafaruddin, Ph.D memberikan kata sambutan sebelum Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Puslitbang Perkebunan dengan Konsorsium PRN Multidisiplin dan Lintas Sektoral (KEHATI). Penandatanganan kerja sama ini tentang Pemanfaatan Keanekaragaman Hayati Indonesia untuk Kesehatan, Produk Industri Lainnya dan Produktivitas Lingkungan secara online pada Selasa (1/12/2020).

Turut hadir pada acara tersebut, mitra kerja sama dari institusi Biro Kerja Sama, Hukum dan Hubungan Masyarakat LIPI; Pusat Penelitian Biomaterial LIPI; Pusat Penelitian Biologi LIPI; Pusat Penelitian Kimia LIPI; Pusat Penelitian Informatika LIPI; Dewan Serat Indonesia; Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP); Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas); Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Maluku; dan peserta lainnya.

Pada awal sambutannya, Syafaruddin mengatakan bahwa Puslitbang Perkebunan sebagai lembaga penelitian dan pengembangan komoditas perkebunan di bawah Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian, mendapat mandat besar dan strategis untuk mampu menghasilkan inovasi teknologi melalui aktivitas riset berkualitas tinggi. Inovasi teknologi tersebut lebih lanjut dapat dimanfaatkan dan dikembangkan oleh masyarakat luas terutama stakeholder dalam dan luar negeri untuk meningkatkan nilai tambah dan kesejahteraan.

“Salah satu bentuk pengembangan dan penyebarluasan teknologi tersebut adalah melalui jalur perluasan jaringan kerja sama. Berdasarkan data TA. 2019-2020 Puslitbang Perkebunan telah memperluas kerja samanya dengan berbagai pihak yaitu Pemerintah Daerah, Perguruan Tinggi, Swasta dan BUMN. Sebanyak 24 mitra kerja sama yang sudah melakukan perjanjian kerja sama yaitu: 17 Perguruan Tinggi, 1 Pemda, 4 Lembaga Riset/Puslit dan 2 SWASTA/BUMN”, tegas Syafaruddin.

Kapus menyambut baik pelaksanaan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Puslitbang Perkebunan dengan Pusat Penelitian Biomaterial LIPI, Dewan Serat Nasional, Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) yang bertujuan untuk mensinergikan, mendukung dan mewujudkan Prioritas Riset Nasional dengan Fokus Riset Multidisiplin dan Lintas Sektoral (KEHATI) yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan penyebarluasan, demi terwujudnya penyediaan sistem informasi digital dan sistem identifikasi serat alam Indonesia serta tersedianya super hidrogel berbasis pati dan selulosa sebagai penghantaran obat (drug delivery).

Puslitbang Perkebunan berharap kerja sama ini dapat berjalan dengan baik, terstruktur, terukur dan mampu menghasilkan tujuan yang diharapkan bersama, sehingga dapat memberikan manfaat bagi masing-masing pihak.

“Selanjutnya saya menyampaikan selamat untuk Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas) yang telah mendapat kepercayaan dalam riset ini, semoga seluruh tim peneliti yang terlibat dalam kegiatan mampu menunjukkan dedikasi dan profesionalismenya. Kami sampaikan selamat juga untuk mitra kerja sama, semoga aktivitas yang dirancang bersama melalui kerja sama ini mampu menghasilkan yang terbaik untuk kemajuan Bangsa dan Negara”, harap Syafaruddin.

Usai sambutan dan penandatanganan perjanjian kerja sama, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi penajaman terkait latar belakang, tujuan, ruang lingkup dan rencana pelaksanaan kegiatan.

Kapuslitbangbun yang didampingi Kepala Bidang Kerja Sama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian, Kasubid Kerja Sama dan Kasubid Pendayagunaan Hasil Penelitian, pada akhir kegiatan menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pimpinan Pusat Penelitian Biomaterial LIPI beserta panitia penyelenggara kegiatan ini. Mudah-mudahan penandatanganan kerja sama ini menjadi awal yang baik dalam membangun sinergi untuk mendorong kemajuan Ilmu Pengetahuan dan peningkatan kesejahteraan rakyat Indonesia. (Sae & Tim Web)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *