Puslitbang Perkebunan Menyelenggarakan Rapat Pertanggungjawaban Kegiatan Tahun 2019

Aktifitas Puslitbangbun Highlight Indonesia

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Puslitbang Perkebunan mengakhiri kegiatan Tahun Anggaran 2019 dengan melaksanakan Rapat Pertanggungjawaban Hasil Kegiatan selama Tahun 2019, pada tanggal 26-27 Desember 2019 di ruang rapat 2 Puslitbang Perkebunan. Rapat dibuka dan dipimpin oleh Kepala Pusat (Ir. Syafaruddin, Ph.D).  Rapat  dihadiri oleh Tim evaluator dan penanggungjawab kegiatan Puslitbang Perkebunan (Kabag Tata Usaha, Kabid PE dan perwakilan Kabid KSPHP, Ketua Kelti dan Tim Peneliti). Dalam pembukaan Kepala Pusat menyampaikan kepada semua penanggungjawab untuk memberikan laporan yang riil dan benar sebagai bentuk pertanggungjawaban atas penggunaan dana yang dialokasikan pada DIPA Puslitbangbun tahun anggaran 2019.  Kepala Puslitbangbun menghimbau kepada tim evaluator untuk memberikan masukan, catatan evaluasi dalam rangka perbaikan. Kapuslitbangbun mengapresiasi kegiatan evaluasi kegiatan karena ini merupakan momen yang sangat penting untuk mengevaluasi kegiatan sehingga segala ketidaksesuaian administrasi, fisik dan keuangan yang kemungkinan ditemukan, dapat segera diperbaiki atau ditindaklanjuti oleh para penjab.

Seminar Hasil dan Evaluasi  kegiatan RPTP, RDHP, dan RKTM tahun 2019 bertujuan untuk melaporkan progres kegiatan/ pertanggungjawaban hasil kegiatan, meningkatkan tertib administrasi, perbaikan laporan serta evaluasi kegiatan kedepan, demikian disampaikan oleh Kabid PE sebagai penyelenggara rapat.

Evaluasi kegiatan hari pertama diawali oleh paparan penanggungjawab kegiatan penelitian antara lain; 1. Karakterisasi Komponen Mutu dan Analisis Molekuler Kopi Arabika Luwu (Nenyo Adhi, M.Si), 2. Perakitan Varietas Tebu Toleran Cekaman Biotik dengan Produktivitas dan Rendemen Tinggi melalui Teknik Kombinasi Kultur Invitro dengan Induksi Mutasi serta Seleksi Invitro (Dr. Sri Suhesti, SP., M.Si.), 3. Akselerasi Pengembangan Benih Unggul Tebu (G2) dan Tanaman Perkebunan Lainnya (Prof. Dr. Ika Mariska), 4. Implementasi Teknologi Budidaya Lada di Berbagai Ragam Ekosistem (Dr. Iwa M. Trisawa), 5. Model Pengembangan Bioindustri Sistem Integritas Kopi-Ternak (Dr. Rustan Massinai), 6. Pendampingan Teknologi dan Penyediaan Benih Unggul Kopi dan Kakao untuk Pengentasan Kemiskinan.

Kegiatan Evaluasi kegiatan penelitian menjadi menarik disesi diskusi yang dipandu oleh Dr. I Ketut Ardana dengan evaluator yang yang kritis dan obyektif antara lain; Prof. (Riset) Dr. Ir. Deciyanto Soetopo, MS., Prof. (Riset) Dr. Ir. Elna Karmawati, MS., Prof. Dr. Ir. Supriadi, M.Sc., Prof. Dr. Ika Mariska dan Dr. Iwa M. Trisawa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *