Puslitbang Perkebunan Memperluas Kerja Sama Dengan Faperta UNS, UNTIDAR Dan UNSRAT

Aktifitas Puslitbangbun Highlight Indonesia

Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbang Perkebunan) memperluas kerja sama dalam rangka diseminasi inovasi teknologi perkebunan dengan Tiga Fakultas Pertanian yaitu Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Tidar, dan Universitas Sam Ratulangi.

Hari ini (29/09/2020) dilakukan penandatanganan secara online antara Kepala Puslitbang Perkebunan, dengan Dekan Fakultas Pertanian UNS, UNTIDAR dan UNSRAT.

Dalam sambutanya, Kapuslitbangbun, Ir. Syafaruddin, Ph.D menyampaikan bahwa dalam upaya percepatan diseminasi inovasi teknologi perkebunan ke masyarakat diperlukan langkah perluasan jaringan kerja sama dengan berbagai stakeholder terutama perguruan tinggi. Hal ini penting, mengingat perguruan tinggi merupakan lingkungan akademik untuk membangun SDM unggul yang dipersiapkan untuk menjadi agen pembangunan dimasa mendatang terutama sektor pertanian – perkebunan.

Ketiga Dekan Fakultas Pertanian juga memberikan sambutan yang diawali oleh Dekan Faperta UNS Prof. Dr. Ir. Samanhudi, S.P., M.Si., IPM, ASEAN Eng, Dekan Fakultas Pertanian UNTIDAR Ir. Usman Siswanto, M.Sc., Ph.D dan Dekan Fakultas Pertanian UNSRAT Prof. Ir. Robert Molenaar,M.S., PhD.

Dalam sambutannya ketiga Dekan berharap kerja sama ini menjadi sangat penting dalam rangka mendukung program merdeka belajar-kampus merdeka, dan segera ditindaklanjuti sebagaimana tertuang dalam maksud, tujuan dan ruang lingkup kerja sama yang telah disepakati.

Kerja sama Puslitbang Perkebunan dengan tiga fakultas tersebut memiliki maksud dan tujuan yang didasari oleh keinginan untuk saling mendorong dan bersinergi dalam mendayagunakan sumber daya yang dimiliki secara optimal, guna saling mengisi, membantu, melengkapi dan memperkuat satu sama lain. Ruang lingkup perjanjian kerja sama meliputi: (1) Penelitian dan pengembangan bidang perkebunan, (2) Pendampingan dan penerapan hasil inovasi teknologi perkebunan, (3) Pelatihan dan pembimbingan mahasiswa (PKL dan Skripsi), (4) Diseminasi inovasi teknologi perkebunan, (5) Pemberdayaan masyarakat di bidang perkebunan, (6) Penyelenggaraan bersama Focus Group Discussion/ Lokakarya/ Seminar/ Simposium, dan (7) Publikasi bersama hasil-hasil penelitian, pemikiran serta best practice teknologi dan/atau kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Usai penandatanganan perjanjian kerja sama dan sambutan oleh masing-masing pihak dilanjutkan dengan Kuliah Umum oleh Kepala Puslitbang Perkebunan yang dihadiri oleh pejabat struktural, peneliti lingkup Puslitbang Perkebunan, dan Civitas Akademika ketiga Fakultas dengan tema Puslitbang Perkebunan dan Kinerjanya dalam Mendukung Program Kampus Merdeka-Merdeka Belajar dengan moderator Kepala Bidang Kerja Sama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian Dr. Tedy Dirhamsyah, SP., M.A.B.

Semoga kerja sama tersebut mampu memberikan manfaat yang luas bagi masing-masing pihak untuk kemajuan bangsa dan negara. (Sae-TIM WEB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *