Puslitbang Perkebunan Gelar Sosialisasi SIGAP-UPG dan KALDU EMAS

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Jumat (17/12/2021), pegawai Puslitbang Perkebunan antusias mengikuti sosialisasi aplikasi Sigap UPG dan Kaldu Emas di Gedung Display. Sosialisasi ini diadakan oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian untuk mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.

Diluncurkan bertepatan dengan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) tanggal 13 Desember 2021 lalu, Sigap-UPG memiliki kepanjangan Sistem Informasi Gratifikasi Pertanian – Unit Pengendalian Gratifikasi. Seperti namanya, aplikasi ini diciptakan untuk meningkatkan efektivitas pengelolaan gratifikasi di lingkungan Kementerian Pertanian.

Pengguna dapat melaporkan penerimaan gratifikasi non kedinasan maupun kedinasan secara online di situs https://sigap-upg.pertanian.go.id/. Proses penetapannya pun dapat dipantau melalui web tersebut maupun Sub UPG.

Sementara itu, Kaldu Emas yang merupakan singkatan dari Kanal Pengaduan Elektronik Masyarakat merupakan aplikasi yang menampung sumbang pikiran, saran, gagasan, dan keluhan/pengaduan masyarakat kepada aparatur pemerintah terkait.

Setidaknya ada enam kategori yang dapat dilaporkan melalui Kaldu Emas yang beralamat di https://dumas.pertanian.go.id/. Keenam kategori tersebut antara lain force majeur, pelanggaran kode etik/kinerja, pelanggaran mekanisme dan prosedur, penyimpangan dana, adanya intervensi, dan masalah kebijakan.

Pengguna tidak perlu khawatir untuk menyampaikan aduan, karena Kaldu Emas mengusung prinsip perlindungan terhadap pelapor, sehingga identitasnya akan dirahasiakan dan dilindungi oleh Peraturan Menteri Pertanian Nomor 77/Permentan/OT.140/8.2013.

Aplikasi tersebut diharapkan dapat mendorong keterlibatan masyarakat dalam mencegah dan memberantas korupsi dalam kegiatan dan layanan pertanian. Begitu pun dengan Sigap UPG, diharapkan dapat membantu UPG untuk mengelola laporan gratifikasi dengan lebih mudah dan cepat.

Sosialisasi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara narasumber dan peserta. Selain itu, dalam acara ini juga dilakukan serah terima banner Sigap-UPG dan Kaldu Emas dari Inspektorat Jenderal kepada Puslitbang Perkebunan.  (Anjas/Nurul-Tim Web)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *