Program KEMENTAN Tahun 2019: Bersama Mengentaskan Kemiskinan Berbasis Pertanian

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Kegiatan padu padan program/kegiatan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), Kementerian Pertanian dan refocusing kegiatan Balitbangtan telah diselenggarakan pada 16 April 2016 di Bogor Icon Hotel dan Convention. Kegiatan yang direncanakan selama tiga hari ini dihadiri oleh Kepala Balitbangtan, para kepala Pusat, kepala Balai Besar, kepala UPT, Kabid Program dan Evaluasi Kasubag /Kasubid Program dan Koordinator Program serta sebagian pejabat Es. 3 se Jabodetabek.

Menteri Pertanian, Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, MP., hadir dalam acara pembukaan. Dalam sambutannya pak Menteri menyampaikan fokus program Kementan tahun 2019 adalah pengentasan kemiskinan berbasis pertanian. Menurut data BPS Jumlah penduduk Indonesia yang masih berada dibawah garis kemiskinan pada tahun 2018 adalah sekitar 26,58 jt (10,12%). Jika dibandingkan dengan data tahun 2017 (27,77 juta orang), terdapat pengurangan sekitar 1,19 juta orang.

Pak Menteri mengharapkan agar Program Balitbangtan, Kementan fokus pada upaya pengentasan kemiskinan berbasis pertanian dengan memberikan bansos ternak dan benih tanaman perkebunan, hortikultura dan lain-lain, serta bimbingan teknis. “Berikan pancing kepada masyarakat petani, bukan ikan” agar mereka bisa berkembang dan mandiri serta bebas dari kungkungan kemiskinan, demikian disampaikan dengan berapi-api oleh Pak Amran.

Pemetaan komoditas unggulan pada setiap daerah perlu dilakukan dan pengembangan jenis komoditas pertanian akan dilakukan dengan membangun system klustering per kabupaten. Selanjutnya Pak Menteri menghimbau agar pemetaan penduduk miskin dilakukan agar pemberian bansos tepat sasaran.

Kepala Balitbangtan, Dr. Ir. Muhammad Syakir, MS menekankan pentingnya sinkronisasi kegiatan antar instansi pusat maupun daerah, antar Balit dan BPTP. Bagi balai komoditas yang memiliki mandat banyak komoditas perlu memprioritaskan pada komoditas unggulan saja. Fungsi dan peran TTP/TSP serta tim selaras perlu dimaknai dan ditingkatkan agar manfaat kehadiran TTP/TSP bisa dirasakan oleh masyarakat.

Bersama membangun bangsa. Jayalah pertanian Indonesia ! (JCA)

Foto: by Ellya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *