Program dan Inovasi untuk mendukung perkembangan kelapa di Indonesia

Artikel Kelapa Berita Perkebunan

BERITA PERKEBUNAN – Balai Penelitian Tanaman Palma (Balit Palma) ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan peringatan Hari Kelapa Dunia yang dilaksanakan di Lombok, Nusa Tenggara Barat (3/9/2016). Pada kesempatan tersebut Kepala Balit Palma Dr. Ir. Ismail Maskromo, MSi., mempresentasikan “Program dan Inovasi untuk mendukung perkembangan kelapa di Indonesia”. Salah satu program yang disampaikan adalah strategi penyediaan benih untuk mendukung peremajaan secara komprehensif dengan metode tebang bertahap, penggunaan benih unggul dan penerapan teknik budidaya yang dianjurkan.

Kepala Balit Palma menyampaikan apresiasinya yang besar bagi PRISMA (Promoting Rural Income Through Support for Markets in Agriculture) yang telah menginisiasi kegiatan ini serta mengajak semua stakeholders untuk bekerjasama dalam membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya tanaman kelapa baik secara ekonomi, sosial, budaya dan lingkungan. PRISMA merupakan salah satu program bantuan pemerintah Australia melalui BAPPENAS.

Selanjutnya Kepala Balit Palma memaparkan situasi dan kondisi pertanaman kelapa nasional yang produksinya masih rendah. Selain itu juga menjabarkan program penelitian dan pengembangan Balit Palma untuk mengatasi permasalahan tersebut serta masalah rendahnya produksi dan pendapatan petani.

Event diikuti oleh para pemerhati kelapa, pemerintah dan swasta serta beberapa peserta luar negeri yang di-design untuk lebih mendekatkan petani dengan pihak swasta dan pemerintah agar informasi pasar dan produk-produk berkualitas sesuai standar ekspor dan pasar lokal dapat diperoleh.

Kerjasama antara PRISMA, pihak swasta dan Balit Palma diharapkan dapat diwujudkan untuk mendukung pengembangan kelapa di Indonesia dan peningkatan kesejahteraan petani kelapa.

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Palma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *