Produk-produk Jamu atau Herbal dan Manfaatnya dalam Bentuk Kemasan Sederhana

Artikel Obat Berita Perkebunan

PRODUK PERKEBUNAN – Bahan baku jamu yang berasal dari tanaman obat relatif banyak tersedia, baik berupa  berupa bagian tumbuhan seperti rimpang (akar-akaran), daun-daunan, kulit dan batang serta buah. Sebagai suatu bentuk pengobatan tradisional, jamu memegang peranan penting dalam pengobatan. Salah satu kendala produk herbal tidak banyak digunakan adalah daya simpannya yang relatif singkat.

Penanganan, pengolahan maupun pengemasan/pengepakan menjadi salah satu solusi untuk membuat produk herbal dapat tersedia untuk waktu yang lebih lama dan siap digunakan saat diperlukan. Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) sebagai salah satu UPT Badan Litbang Pertanian telah memperkenalkan produk-produk jamu atau herbal dengan masing-masing manfaatnya dalam bentuk kemasan sederhana, antara lain:

1. Kunyit asam

Bahan yang digunakan: Gula tebu, kunyit, asem jawa

Manfaat:  menetralkan racun dalam tubuh, diet alami, mengatasi infeksi, memperlancar siklus haid, mencerahkan kulit, membakar lemak dalam tubuh, dan menghilangkan bau badan

2. Secang fit

Bahan yang diguanakan: Secang, kayu manis, kapolaga, cabe jawa, jahe, kemukus, cengkeh, gula, aroma alami.
Manfaat: Membersihkan darah, diare, batuk darah, radang selaput lender mata, dan berak darah.

3. Temulawak greng

Bahan yang diguanakan: Bahan yang diguanakan: jahe, temulawak, kunyit pegagan, rempah-rempah, gula, dan garam
Manfaat: Mencegah reumatik dan asam urat, menghilangkan nyeri saat menstruasi, memelihara fungsi hati, memperbaiki fungsi pencernaan, menambah nafsu makan, menurunkan lemak dalam darah, mengatasi radikal bebas, dan mengatasi jerawat.

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro)

Berita Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *