Potensi Plasma Nutfah Kakao di Sumatera Barat: Upaya Konservasi dan Pemanfaatannya melalui Pemuliaan Partisipatif

Artikel Kakao Berita Perkebunan

INFO PEKEBUNAN – Besarnya potensi plasma nutfah kakao di wilayah Sumatera Barat, dan wilayah Indonesia lainnya, akan sangat baik apabila pemerintah daerah (dalam hal ini pemerintah Provinsi Sumatera Barat) melakukan konservasi terhadap sumber keragaman genetik plasma nutfah kakao yang ada di daerahnya. Konservasi dapat dilakukan dengan menetapkan kawasan konservasi di wilayah-wilayah tertentu yang memiliki keragaman genetik kakao paling tinggi (on farm conservation). Adanya kebijakan pemerintah untuk mengembangkan klonklon unggul baru secara vegetatif (klonalisasi) dan meremajakan tanaman kakao yang sudah tidak produktif dengan klon-klon unggul baru tersebut telah mengakibatkan hilangnya sebagian besar plama nutfah kakao yang ada di lahan petani.

Keberadaan plama nutfah tersebut sangat penting sebagai sumber keragaman genetik di dalam program pemuliaan sekaligus sebagai barrier genetik bagi keberlanjutan produksi kakao di Indonesia. Oleh karena itu sangatlah penting melakukan konservasi terhadap kekayaan plasma nutfah kakao yang ada di lahan petani yang sebagian besar belum tergali potensi pemanfaatannya. Di samping itu kegiatan pemuliaan partisipatif dengan melibatkan petani sebagai mitra di dalam melakukan seleksi sangatlah penting di dalam menggali potensi plasma nutfah lokal.

Upaya ini terbukti berhasil dengan telah dilepasnya beberapa klon unggul yang sangat disukai petani seperti Sulawesi 1, Sulawesi 2, MCC 01, MCC 02 dan BL 50. Sampai saat ini klon-klon unggul lokal tersebut lebih dapat diterima dan disukai oleh petani dan penyebarannya lebih luas dibandingkan klon atau varietas unggul lainnya yang bukan merupakan hasil pemuliaan partisipatif. Hal ini disebabkan pada pemuliaan partisipatif petani disertakan di dalam melakukan seleksi sehingga preferensi petani dapat diakomodir.

Selengkapnya Download fulltext : Info Tekbun 11 (5) 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *