Potensi Hasil Samping Penyeratan Agave untuk Produk Biofarmaka

Berita Perkebunan Highlight Serat

BERITA PERKEBUNAN – Tren masyarakat modern saat ini adalah membutuhkan produk yang ramah lingkungan dan berasal dari bahan alami. Hal ini karena banyaknya pencemaran lingkungan dan penggunaan plastik berbahaya bagi kesehatan manusia. Salah satu bahan alam yang semakin banyak digunakan adalah serat alam. Saat ini serat alam tidak hanya digunakan sebagai bahan tekstil, tetapi juga menjadi industri berbasis serat alam, seperti industri otomotif, bahan komposit dan material maju.

Salah satu serat alam adalah serat sisal yang berasal dari tanaman agave atau sisal. Tanaman agave yang digunakan untuk serat berasal dari Agave sisalana dan Agave cantala. Serat sisal diperoleh dari proses penyeratan menggunakan alat dekortikator. Sisa penyeratan sisal menghasilkan limbah berupa padatan dan cairan (95%), limbah ini biasanya dibuang dan tidak dimanfaatkan. Biomassa sisa penyeratan sisal masih mengandung jaringan tanaman (lignin dan selulosa), senyawa metabolit primer dan sekunder, air dan lain-lain.

Senyawa apa saja dan bagaimana hasil uji dari limbah serat ini, simak pada artikel berikut ini : Potensi Hasil Samping Penyeratan Agave untuk Produk Biofarmaka

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *