Potensi Daging Kelapa Kopyor sebagai Bahan Pangan Sehat

Artikel Kelapa Berita Perkebunan Highlight

BERITA PERKEBUNAN – Peneliti Balit Palma dan BPTP Gorontalo membuktikan hasil penelitiannya bahwa daging kelapa kopyor mengandung berbagai macam komposisi kimia yang bermanfaat bagi kesehatan. Di dalamnya terdapat senyawa antioksidan dan asam laurat sebesar 37,93% – 51%.

Antioksidan berfungsi untuk menetralisir radikal bebas sehingga dapat membantu mencegah kerusakan tubuh akibat penyakit degeneratif. Sementara itu, asam laurat dapat menurunkan gula darah puasa secara signifikan, sehingga bisa mengurangi kadar glukosa darah dan berat badan pada orang sehat normal.

Sayangnya, potensi daging kelapa kopyor untuk dijadikan bahan pangan sehat belum populer, karena masyarakat hanya mengetahuinya sebagai minuman pemenuh dahaga.

Balai Penelitian Tanaman Palma telah memiliki beberapa penelitian terkait komposisi kimia daging kelapa kopyor, tapi perlu didiseminasikan lebih luas lagi agar masyarakat memahami manfaatnya untuk kesehatan, dan petani akan lebih giat dalam memproduksi kelapa kopyor secara massal.

Pengembangan produksi dan pemanfaatan kelapa kopyor cukup prospektif karena sejalan dengan program diversifikasi pangan lokal serta meningkatnya kesadaran masyarakat akan pangan sehat dan pengembangan industrial pertanian.

Selain itu, kelapa kopyor termasuk komoditas perkebunan strategis yang berpeluang mendongkrak perekonomian petani Indonesia.Komoditas tersebut dapat diusahakan secara berkesinambungan, walau ketersediaan benihnya maupun bibitnya masih terbatas bahkan terkesan mahal. (Erri dan Nurul)

Tertarik ingin tahu lebih dalam tentang potensi daging kelapa kopyor sebagai bahan pangan sehat? Yuk, kita baca secara tuntas pada artikel berikut ini:
https://ejurnal.litbang.pertanian.go.id/index.php/psp/article/view/11662

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *