Populasi Unggul Kelapa Genjah Kopyor

Artikel Kelapa Berita Perkebunan

BERITA PERKEBUNAN – Kelapa kopyor merupakan jenis kelapa  yang bernilai ekonomi tinggi. Kelapa yang diduga hasil mutasi alam ini memiliki daging buah yang tidak normal, yaitu lunak dan rasanya gurih, sehingga dimanfaatkan sebagai campuran es dan bahan baku es krim. Tanaman kelapa unik ini ditemukan di beberapa sentra produksi kelapa di Indonesia. Salah satunya di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, yang memiliki beberapa populasi unggulan kelapa kopyor.

Beberapa keunggulan populasi kelapa kopyor asal Pati tersebut adalah cepat berbuah (3-4 tahun) sehingga dikategorikan sebagai kelapa kopyor Genjah dan  persentase menghasilkan buah kopyor pertandan yang tinggi mencapai 50%. Tanaman ini telah dibudidayakan lebih dari 50 tahun yang lalu, dan telah didaftarkan di Pusat Perlindungan Varietas Tanaman (PPVT) sebagai calon  varietas unggul lokal pada tahun 2007, sehingga berpotensi dilepas sebagai populasi  unggul lokal.

Hasil pengamatan menunjukkan bahwa dari 6 tipe (berdasarkan warna) populasi  kelapa Genjah kopyor di Pati, secara morfologi mengelompok sesuai karakter warna buah dengan tingkat kemiripan sebesar 10% atau tingkat keberagaman sebesar 90%. Berdasarkan analisa marka  molekuler, antar tanaman dalam 3 populasi  Genjah kopyor memiliki kedekatan genetis sebesar  78 – 100%.  Peluang pewarisan karakter warna buah pada warna pelepah daun bibit ketiga calon varietas  Genjah kopyor yaitu sebesar  72, 21 – 100%, sedangkan peluang  pewarisan sifat kopyor sebesar  50,27 %. Produksi  rata-rata buah kopyor  masing-masing calon varietas pada tahun 2008  sebanyak 2,60 – 4,15 butir  dan menurun pada tahun 2010   yaitu  2,00 – 2,25 butir pada tahun 2010, akibat tingginya curah hujan pada tahun 2009 yang mempengaruhi proses pembuahan.

Jumlah pohon terpilih sebanyak  1420 pohon, yang berpotensi menghasilkan benih Genjah kopyor pertahun sebanyak 112.211 butir. Jumlah benih tersebut dapat digunakan untuk pengembangan kelapa Genjah kopyor seluas 448 ha pertahun. Berdasarkan hasil pengamatan keragaan populasi tanaman kelapa Genjah kopyor Pati,  maka diusulkan untuk dilepas tiga populasi unggul lokal dengan nama :  Genjah Hijau Kopyor, Genjah Coklat Kopyor, dan Genjah Kuning Kopyor. (Informasi selengkapnya hubungi Balai Penelitan Tanaman Palma Manado).

Info terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *