Peserta Bimtek Tanaman Perkebunan Antusias Dukung Keberhasilan Food Estate Kalteng

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Badan Litbang Pertanian Kementan melalui Puslitbang Perkebunan melaksanakan Pendampingan dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Komoditas Tanaman Perkebunan dalam rangka mendukung Food Estate di Kabupaten Kapuas, pada sabtu (6/11). Hal ini sebagai upaya Balitbangtan mewujudkan kemandirian pangan untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani di Kalimantan Tengah.

Bimtek tersebut diikuti oleh 112 peserta, yang terdiri dari: tamu undangan, Penyuluh, Gapoktan dan 16 kelompok tani dari Desa Terusan Mulya dan Desa Terusan Karya Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas.

Bimtek Komoditas Perkebunan (Empon-empon, Kelapa dan Kopi) ini diawali dengan sambutan dari Kepala Desa Terusan Mulya, Bapak Sujarwo. Beliau menyampaikan kondisi pertanian Desa Terusan Mulya dan Terusan Karya yang dibangun dengan susah payah melalui program transmigrasi Pemerintah dari tahun 1981, sehingga pertanian di desa ini bisa maju.

Kades juga berharap kepada jajaran pemerintah khususnya Puslitbang Perkebunan, dapat memberikan bantuan benih bersertifikat yang tahan cuaca panas, tahan rendaman serta memberikan pelatihan atau bimtek terkait penanganan hama penyakit, pengolahan pasca panen secara langsung maupun praktek.

Koordinator KSPHP Puslitbang Perkebunan, Dr. Tedy Dirhamsyah, SP, MAB yang mewakili Kapus Litbang Perkebunan menyampaikan permohonan maaf atas ketidak hadiran Kepala Pusat dikarenakan menghadiri tugas lain. Tedy menyampaikan terima kasih kepada para kepala desa yang telah hadir dan mengapresiasi semangat para peserta bimtek yang hadir lebih awal dan mau berdialog menyampaikan masalah yang dihadapi.

Setelah memperkenalkan profil Puslitbang Perkebunan dan Balai Penelitian lingkupnya, pelaksanaan Bimtek Tanaman Perkebunan dilanjutkan dengan pemaparan materi Pasca Panen dan Pengolahan Hasil Jahe, Kunyit dan Temulawak oleh Peneliti dari Balittro, Raden Hera Nurhayati, S.P., M.Sc., dan Indah Kurniasari, SP. M.Si.

Selanjutnya materi Budidaya, Pengendalian Hama Penyakit dan Pasca Panen Kelapa disampaikan oleh Peneliti dari Balit Palma, Dr. Novalisa Lumentut, SP, MS dan Welmenci Juniati Sambiran, S.Si. M.Si. Serta materi Budidaya, Pasca Panen dan Pengolahan Kopi disampaikan oleh Peneliti dari Balittri, Ir. Edi Wardiana, M.Si dan Eko Heri Purwanto, STP, M.Sc.

Sebagai informasi, beberapa komoditas perkebunan yang dikembangkan di Kecamatan Bataguh Kabupaten Kapuas antara lain Kopi robusta, Kelapa Genjah, jahe dan empon-empon. Adapun Bimtek tanaman perkebunan ini bertujuan untuk melaksanakan program Balitbangtan Kementan dalam rangka medukung Food Estate di Kalimantan Tengah, serta mendiseminasikan inovasi teknologi yang sudah dihasilkan Puslitbang Perkebunan khususnya budidaya, pengendalian hama dan pengolahan Kopi, Kelapa, jahe dan empon-empon untuk peningkatan pendapatan dan kesejahteraan petani.. (Sudarsono/Tim Web)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *