Peningkatan produski kelapa sawit melalui pemupukan dan ameliorasi serta tinggi air tanah pada lahan gambut

Artikel Kelapa Sawit Berita Perkebunan Highlight

Berita Perkebunan – Produktivitas kelapa sawit di gambut saprik dapat mencapai lebih dari 30 ton TBS/ha/tahun jika dikelola dengan tepat. Upaya pemupukan dan ameliorasi pada pertanaman kelapa sawit di lahan gambut dilakukan dengan menggunakan pupuk kandang, pupuk lengkap dan kompos dari tandan kosong kelapa sawit (TKKS).

Aplikasi TKKS (kombinasi kompos tandan kelapa sawit 15 kg dengan pupuk anorganik Urea 2 kg, SP-36 2 kg, KCl 2,5 kg dan Kiserit 1,2 kg) melalui manajemen budidaya yang baik akan menghasilkan produksi TBS kelapa sawit yang tertinggi. Hal tersebut dapat direkomendasikan dan didiseminasikan kepada petani kelapa sawit atau pengguna lainnya. Tinggi muka air tanah yang optimal untuk mendukung produksi TBS adalah 70 cm.

Pengembangan kelapa sawit di lahan gambut diperlukan saluran drainase untuk menurunkan muka air tanah dan menciptakan ruang perakaran yang sesuai agar dapat tumbuh dan berproduksi dengan baik. Upaya drainase yang berlebihan (over drainage) dapat mendorong terjadinya kekeringan tanah gambut yang menyebabkan terjadinya hidrofobisitas atau munculnya sifat kering tidak balik.

Selengkapnya download full text: perkebunan_WartaVol27No2-2021.pdf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *