Pengenalan Varietas Unggul dan SNI Vanili di Palu oleh Balittro

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) memperkenalkan varietas unggul dan SNI perbenihan tanaman vanili di Desa Bobo, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi, Palu. Pengenalan dalam bentuk pendampingan oleh peneliti Balittro Dra. Endang Hadipoentyanti, M.S. Dra, kami akan melatih benih tanaman vanili untuk pengenalan varietas unggul dan SNI. Endang Hadipoentyanti, yang diikuti oleh dua Kelompok Tani Mekar Jaya terdiri dari 17 orang dan Kelompok Tani Tunas Baru terdiri dari 28 orang.

Pendampingan bagi petani vanili ini dilakukan di halaman kebun vanili dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Petani diberikan pencerahan tentang tanaman vanili mulai dari sejarah, asal usul vanili, jenis-jenis vanili, varietas unggul vanili, SNI perbenihan, cara perbanyakan dengan setek panjang dan pendek, media tanam setek di polibag serta penyungkupan.

Petani sangat antusias dengan mengajukan beberapa pertanyaan diantaranya pengaturan sulur, penyerbukan, cara tanam, penyakit busuk batang, panen dan pasca panen. Sebelum kunjungan ke kebun, petani yang aktif bertanya dalam pelatihan tersebut diberi hadiah berupa kaos.

Untuk identifikasi tanaman vanili di Kec. Palolo yang ditanam petani merupakan jenis dari Vanilla planilofia varietas mirip Vania 2 tidak ada tandan bunga yang bercabang dan sebagian besar petani mengambil benih vanili yang berasal dari Kec. Kulawi, Kabupaten Sigi. Sedangkan untuk budidayanya, petani diberikan penjelasan secara langsung pada saat kunjungan di kebun 2 petani vanili di desa Bobo dan di desa Bakubakulu. Selain itu petani juga diberikan penjelasan dan pengarahan mengenai permasalahan budidaya yang terjadi di lapangan, antara lain cara pengaturan sulur dan pencegahan penyakit busuk batang.

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *