Pengaruh Lama Waktu Panen Kemiri Sunan terhadap Kualitas Minyak Kemiri Sunan

Artikel Kemiri Sunan Berita Perkebunan Highlight

BERITA PERKEBUNAN – Kemiri sunan (Reutealis trisperma (Blanco) Airy Shaw) adalah salah satu tanaman yang potensial sebagai penghasil minyak nabati (Heyne, 1987). Biji yang terdapat di dalam buahnya mengandung minyak dengan rendemen sekitar 50% (Vossen dan Umali, 2002; Herman dan Pranowo, 2009). Walaupun memiliki nama umum yang sama dengan kemiri sayur yang biasa digunakan untuk memasak, tanaman kemiri sunan tidak dapat dikonsumsi karena mengandung zat yang bersifat racun bagi serangga dan hewan lain.

Salah satu keunikan lain dari tanaman kemiri sunan adalah buah kemiri sunan tidak perlu dipanen, namun akan jatuh dengan sendirinya jika telah matang. Panen buah kemiri sunan yang sudah jatuh dilakukan sesuai dengan waktu panen yang telah ditentukan yaitu 0 hari (petik dan jatuh), 2 hari, 4 hari, 6 hari, 8 hari, 10 hari, 12 hari dan 14 hari. Pengambilan sampel kemiri sunan dilakukan dari 2 pohon yang berbeda. Berdasarkan hasil pengujian, kandungan minyak/rendemen minyak yang terdapat dalam kernel kemiri sunan berkisar antara 37,04%-54,55%. Hal ini sesuai dengan literatur yang menyebutkan bahwa kernel kemiri sunan mengandung 40-62% minyak kasar. Oleh karena itu, kandungan minyak pada kemiri sunan yang cukup banyak ini sangat berpotensi menjadi bahan bakar energi nabati yang ramah lingkungan dan tidak bersaing dengan pangan (Martin, et al, 2010; Bay, 2007; Aunillah dan Pranowo, 2012).

Perbedaan lama waktu panen mempengaruhi rendemen (kandungan) minyak yang dihasilkan. Berdasarkan pengamatan, terlihat trend (pola) penurunan rendemen minyak seiring lamanya panen. Pada H-0, rendemen minyak kemiri sunan yaitu sebanyak 54,55% dan di H-14, rendemennya menurun menjadi 37,04%.

Selengkapnya kunjungi link berikut : Pengaruh Lama Waktu Panen Kemiri Sunan terhadap Kualitas Minyak

Sumber : Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *