Penandatanganan Nota Kesepahaman: Bentuk Dukungan Badan Litbang untuk Pembangunan Daerah

Aktifitas Puslitbangbun

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Penandatanganan nota kesepahaman antara Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian dengan Pemerintah Kabupaten Kerinci tentang Penelitian dan Pengembangan Tanaman Perkebunan dilangsungkan di Aula Agro Inovasi BPTP Jambi (12/04/16). Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Kerinci, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Kerinci, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkbunan Provinsi Jambi, Kepala Dinas Tanaman Pangan Provinisi Jambi dan tamu undangan lainnya.

“Hal-hal yang diatur dalam Nota Kesepahaman sebenarnya sudah kita lakukan tetapi secara legalitas saat ini baru terlaksana”, kata Kepala BPTP Jambi Dr. Ir. Mohammad Takdir Mulyadi, M.M. dalam sambutannya. Memang dalam kenyataannya kerjasama antara Kementerian Pertanian melalui BPTP dengan Pemda Kerinci sudah terwujud dalam beberapa kegiatan pendampingan di Kerinci, seperti meningkatkan provitas, meningkatkan indeks pertanaman sampai 2,5. Begitu juga pada komoditas perkebunan, dengan adanya kegiatan pendampingan tanaman tebu. Melalui berbagai kegiatan yang telah dilakukan BPTP Jambi berupa pendampingan maupun diseminasi teknologi pertanian di Kabupaten Kerinci, diharapkan dapat mengoptimalkan pengelolaan potensi dan sumber daya yang ada secara efektif dan efesien, ujar Takdir.

Bupati Kerinci Dr. H. Adirozal dalam sambutannya mengatakan, “Saya atas nama pemerintah Kabupaten Kerinci menyambut baik dengan penuh rasa syukur, dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas terjalinnya kerja sama ini.” Banyak harapan yang lahir dari momen penandatanganan nota kesepahaman ini. Beberapa diantaranya adalah melalui kerja sama ini nantinya akan dapat memenuhi kebutuhan benih unggul lokal tanaman tebu, perluasan dan pengembangan areal tebu secara berkesinambungan sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku.

Disamping itu dari kerjasama ini tidak saja menghasilkan benih tebu lokal saja, tetapi dukungan dari pemerintah provinsi Jambi dan pemerintah pusat terhadap perluasan areal tanaman tebu dapat terlaksana juga, serta peningkatan kinerja dalam mengemban tugas fungsi dan misi untuk mendukung peningkatan pembangunan nasional, daerah dan kesejahteraan masyarakat khususnya petani tebu, harap Adirozal.

Dr. Fadjry Djufry, Kapuslibangbun Balitbangtan Kementerian Pertanian dalam sambutannya menegaskan bahwa Nota Kesepahaman ditujukan kepada pelepasan varietas dalam mendukung pengembangan tebu dan peningkatan produksi gula nasional. Tebu sebagai salah satu komoditi unggulan perkebunan memegang peranan penting dalam pemenuhan kebutuhan pangan secara nasional. Kementerian Pertanian terus berupaya mengembangkan komoditi tebu di wilayah sentra-sentra pengembangan tebu melalui alokasi anggaran dan kegiatan yang ditujukan untuk peningkatan produksi dan produktivitas gula.

“Tidak ada kemajuan negara tanpa inovasi, Badan Litbang Pertanian telah menghasilkan berbagai inovasi teknologi pertanian.  Inovasi teknologi tersebut tidak banyak berarti jika tidak segara disampaikan ke semua pihak yang membutuhkan.  Sebagai salah satu bentuk dukungan Badan Litbang Pertanian dalam pembangunan daerah, kami melaksanakan diseminasi hasil-hasil penelitian,” terang Fadjry.

Pada akhirnya melalui kerjasama akan terbangun kegiatan yang sinergi antar pusat dengan daerah, antara lembaga penelitian dan pengembangan dengan lembaga pengguna, dalam upaya mendorong pembangunan ekonomi berbasis perkebunan.

Selanjutnya pemaparan kondisi pengembangan tanaman tebu di Kabupaten Kerinci yang disampaikan oleh Sekretaris Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Kerinci, dan paparan dukungan teknologi untuk pengembangan tebu di Kabupaten Kerinci oleh kepala Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas).

Foto: Penandatanganan nota kesepahaman oleh Bupati Kerinci dan Kepala Puslibangbun yang disaksikan Kepala BPTP, dan tamu undangan.

Berita terkait :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *