Pendandatanganan PKS Puslitbang Perkebunan dan PT Cipta Mulia Energi

Penandatanganan Kerja Sama Pengembangan Bioenergi Puslitbang Perkebunan dengan PT Cipta Mulia Energi

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Perkembangan dan kemajuan teknologi pertanian, khususnya sektor perkebunan menjadi tumpuan usaha peningkatan produksi dan nilai tambah dalam upaya kemajuan ekonomi nasional. Balitbangtan Kementan dituntut untuk terus berinovasi melalui berbagai aktivitas riset untuk menghasilkan teknologi modern dan terus melakukan diseminasi agar teknologi yang dihasilkan diadopsi masyarakat luas.

Salah satu upaya percepatan pencapaian diseminasi tersebut adalah melalui perluasan kerja sama dengan berbagai pihak dengan prinsip saling menguntungan dalam mendukung tugas dan fungsi masing-masing pihak. Kerja sama dituntut mampu memacu kinerja institusi melalui berbagai kegiatan yang telah disepakati.

Pada tahun 2020 Puslitbang Perkebunan telah melakukan kerja sama dengan 14 institusi perguruan tunggi, pemda, swasta dan lembaga riset. Kepala Pusat Puslitbang Perkebunan mendorong perluasan jaringan kerja sama terutama dengan swasta. Pada 16 Juni 2021 telah dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Puslitbang Perkebunan dengan PT Cipta Mulia Energi (CME) Sumatera Selatan. Penandatanganan dilakukan secara online oleh masing-masing pimpinan yaitu Kepala Pusat Ir. Syafaruddin, Ph.D dan Direktur PT CME Aldo Tanzil di Bogor dan Palembang.

Kerja sama tersebut terkait dengan penelitian, pengembangan, dan penggunaan inovasi teknologi bioenergi dan perkebunan yang pada pelaksanaannya akan melibatkan langsung Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri)dalam bentuk Kerangka Acuan Kerja (KAK) sebagai tindak lanjut dari Perjanjian Kerja Sama (PKS).

Dalam dokumen kerja kerja sama tersebut dituangkan maksud dan tujuan kerja sama yaitu: (1) Maksud Kerja Sama ini adalah melaksanakan kerja sama yang saling menguntungkan di bidang penelitian, pengembangan, dan penggunaan inovasi dan teknologi bioenergi dan perkebunan; (2) Tujuan Kerja Sama ini adalah menyinergikan kemampuan sumber daya PARA PIHAK untuk meningkatkan nilai tambah bioenergi, perkebunan, dan agroindustri.

Ruang lingkup kegiatan meliputi: (a) Penelitian dan pengembangan inovasi teknologi bioenergi, benih unggul, dan inovasi teknologi lingkup komoditi perkebunan; (b) Penggunaan/perbanyakan/komersialisasi hasil inovasi teknologi bioenergi, benih unggul dan produk inovasi teknologi lingkup komoditas perkebunan; (c) Pendampingan dan bimbingan teknis pengembangan dan penggunaan teknologi bioenergi, benih varietas unggul, dan inovasi teknologi lingkup komoditi perkebunan; serta (d) Kegiatan lain yang disepakati kedua belah pihak.

Dalam sambutannya, Direktur PT CME menyambut baik penandatanganan kerja sama tersebut dan berharap mampu bersinergi dengan Puslitbang Perkebunan dalam menghasilkan teknologi inovasi pengembangan bioenergi. Demikian halnya Kepala Puslitbang Perkebunan, berharap agar kerja sama tersebut segera ditindaklanjuti untuk mencapai tujuan dan ruang lingkup kerja sama. “Puslitbang Perkebunan dengan Balittri akan terus mendorong dan memaksimalkan sumberdaya yang ada dalam rangka mensuksesakan kegiatan kerja sama tersebut,” tegas Kapus. (Sae & Tim Web)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *