Pembuatan Pakan Buatan untuk Perbanyakan Hama Brontispa longissima

Berita Perkebunan Highlight

INFO PERKEBUNAN – Meski merugikan tanaman, hama terkadang perlu diperbanyak untuk tujuan tertentu, seperti konservasi, penelitian, dan pengendalian di lapangan. Selama diperbanyak, hama perlu dicukupi kebutuhan pakannya, baik menggunakan pakan alami maupun buatan.

Penggunaan pakan buatan memiliki beberapa kelebihan dibanding alami. Antara lain lebih awet karena dapat disimpan di lemari pendingin, memberikan hasil perbanyakan yang lebih seragam karena nutrisinya sama, lebih efisien waktu dan tenaga, lebih higienis, nutrisi terjaga, mendukung pengembangan ilmu nutrisi pakan buatan untuk serangga, serta memungkinkan perbanyakan sepanjang tahun, dalam jumlah besar, dan dalam waktu singkat.

Novalisa Lumentut dari Balit Palma mengungkap, pakan buatan untuk perbanyakan hama utama kelapa, Brontispa longissima, dapat dibuat dari ekstrak cair atau tepung daun janur kelapa. Penelitian yang dilakukan di Balit Palma menunjukkan kalau pemberian pakan dari bahan tersebut meningkatkan konsumsi B. longissima secara signifikan.

Jika dibandingkan, B. longissima lebih menyukai pakan dari ekstrak cair dibandingkan tepung daun janur kelapa. Konsumsinya bertambah seiring pertumbuhan dan perkembangan hama. (Nurul/Tim Web)

Ingin tahu lebih selengkapnya tentang pembuatan pakan buatan berbasis kelapa untuk perbanyakan Brontispa longissima? Simak selengkapnya melalui tautan berikut: Pakan Buatan Berbasis Kelapa Mendukung Perbanyakan Hama Brontispa Longosima

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *