Pastikan Pelayanan Informasi Publik Yang Mudah Dan Transparan, PPID Puslitbangbun Tanda Tangani Komitmen KIP

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

Sesuai UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, lembaga pemerintah diwajibkan setiap saat dapat memberikan pelayanan informasi yang dibutuhkan dan diminta masyarakat secara mudah dan transparan. Hal tersebut yang menjadi landasan dasar pelaksanaan kegiatan penandatangan komitmen Keterbukaan Informasi Publik (KIP), oleh seluruh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Puslitbang Perkebunan, pada Kamis, (1/7) di kantor Puslitbang Perkebunan, Bogor.

Kegiatan penandatangan berlangsung bersamaan dengan acara “Sosialisasi Budaya Pelayanan Prima dan System Reward-Punishment” yang secara khusus mengundang Kepala Perwakilan Ombudsman RI Jakarta Raya, Bapak Teguh P. Nugroho, S.Sos, M.AP sebagai narasumber.

Kepala Puslitbang Perkebunan, Ir.Syafaruddin, Ph.D yang berperan sebagai penanggung jawab PPID Puslitbang Perkebunan, turut serta dalam penandatangan tersebut. Dalam arahannya, beliau menyampaikan bahwa kegiatan penandatanganan komitmen KIP ini merupakan wujud kesungguhan kita dalam memberikan pelayanan informasi publik yang optimal.

“Hari ini kita melakukan penandatanganan komitmen keterbukaan informasi publik. artinya, kita harus bersungguh-sungguh berupaya memberikan informasi kepada masyarakat dengan semudah mungkin dan tidak dipersulit, tentunya dengan memperhatikan jenis-jenis informasinya, apakah boleh dipublikasikan atau tidak” jelas Kapus.

Lebih lanjut beliau menerangkan bentuk dukungan yang selama ini telah dilakukan guna mengoptimalkan pelayanan informasi bagi masyarakat.

“Adapun selama ini bentuk dukungan yang sudah kami lakukan untuk memaksimalkan pelayanan informasi antara lain melalui penyediaan anggaran khusus untuk kegiatan pelayanan, sarana dan prasarana pendukung serta sumber daya manusia yang kompeten”, terangnya.

Seperti tahun sebelumnya, Penandatanganan komitmen KIP merupakan bagian yang masuk dalam penilaian pemeringkatan keterbukaan informasi publik Kementerian Pertanian. Syafaruddin berharap, tahun ini Puslitbang Perkebunan kembali meraih penghargaan sebagai Unit Kerja (UK) Teresponsif dalam hal pelayanan informasi publik seperti tahun 2020.

“Tahun lalu kita mendapat penghargaan UK teresponsif dalam hal pelayanan informasi publik dari Bapak Menteri Pertanian, tentunya saya harap tahun ini kita dapat mempertahankan atau bahkan lebih dari hal tersebut”, Tutup Kapus. (Anjas/tim web)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *