Panduan Pendampingan dan Pengawalan P2T3

Panduan Panduan-Tebu

TEKNOLOGI PERKEBUNAN – Upaya pemerintah untuk mencapai swasembada gula tahun 2014 terus digalakkan dengan meningkatkan produktivtas tebu dan rendemen gula nasional. Salah satu program yang dikembangkan menuju sasaran swasembada gula tersebut adalah melaksanakan kegiatan Percepatan Penerapan Teknologi Tebu Terpadu (P2T3).

Introduksi teknologi tebu yang dikembangkan terdiri dari tga paket teknologi. Pertama, bongkar ratoon (plane cane-PC) dengan teknik juring ganda dan paket budidaya intensif. Kedua, bongkar ratoon dengan cara tanam juring tunggal dan paket budidaya intensif, dan Ketiga, rawa ratoon ratoon cane-PC) dengan paket budidaya intensif. Dengan introduksi teknologi tersebut, diharapakan terjadi peningkatan produktivitas tebu mendekati potensinya yait 120 ton/ha dengan rendemen gula di atas 9%.

Untuk memastikan penerapan teknologi itu oleh petani, dilakukan pendampingan dan pengawalan pelaksanaan yang intensif.

Buku Panduan Pendampingan dan Pengawalan Pelaksanaan P2T3 ini disusunĀ  sebagai acuan bagi petugas di lapangan, agar terjadi persepsi yang sama dalam melaksanakan tugas pendampingan dan pengawalan P2T3 tersebut.

Download fulltext : Percepatan Penerapan Teknologi Tebu Terpadu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *