Musuh Alami Hama Aceria pada Tanaman Kelapa

Artikel Kelapa Berita Perkebunan

BERITA PERKEBUNAN – Tungau kelapa Aceria guerreronis Keifer, termasuk dalam famili Eriophyidae, yang dikenal dengan Coconut Eriophyid Mite (Tungau Kelapa). Tungau ini, pertama kali dilaporkan menyerang tanaman kelapa di Guerrero State, Mexico pada tahun 1960 dan di Brazil tahun 1976. Di Indonesia, pertama kali dilaporkan menyerang tanaman kelapa di Minahasa Utara dan Bitung, Sulawesi Utara.

Berdasarkan data Dinas Perkebuan Minahasa Utara, ternyata pertanaman kelapa di Desa Winuri, Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara seluas 394 ha dengan jumlah populasi tanaman 47.894 pohon, sebanyak 13.175 pohon (27,51%) menunjukkan gejala serangan tungau kelapa. Beberapa teknik pengendalian yang dapat dilakukan antara lain penggunaan musuh alami (predator dan patogen), penggunaan insektisida dan tanaman toleran.

Gambar. Predator tungau (A dan B), Thrip (C) dan Larva Syrphidae (D).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa empat jenis musuh alami ditemukan pada buah kelapa yang terserang Aceria yaitu dua tungau predator, thrip dan Larva Syrphidae. Tungau predator, Neoseiulus, Paspalivorus, Amblyseius (Phytoseiidae) dan Bdella sp. (Bdellidae) dapat memangsa tungau kelapa Aceria guerreronis. Dilaporkan juga tungau predator Neoseiulus Baraki, N. paspalivorus, Amblyseius channabasavannai, Typhlodromus sp., Chelacaropsis moorei, Cheletogenes ornatus, Polyphatarsonemus latus,  dan predator dari golongan serangga yaitu Coccinelidae.

Selain Predator dilaporkan juga beberapa patogen dapat menginfeksi Aceria guerreronis seperti Hirsutella, Sporothrix, Entomophthora, Verticillium, Beauveria, Paecilomyces, Fusarium, Penicillium, dan Pleurodesmospora. Diantara patogen tersebut, Hirsutella sp. merupakan salah satu mikroba, yang sudah banyak dipelajari sebagai agens haayati pengendali tungau kelapa. Penggunaan musuh alami seperti predator dan biopestisida, dapat menekan populasi hama dalam jangka panjang, berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Sumber : Balai Penelitian Tanaman Palma Manado

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *