Motivasi Kerja Berpengaruh terhadap Kinerja Pustakawan

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Demikian kata Erriani Kristiyaningsih, pustakawan dari Puslitbangbun yang hadir mempresentasikan makalahnya yang berjudul “Pengaruh motivasi kerja dan strategi meningkatkan kinerja pustakawan Lingkup Kementerian Pertanian” pada temu Teknis Jabatan Fungsional Non Peneliti lilngkup Balitbangtan tanggal 17-19 Juli 2019 di Hotel Savana, Malang. Lebih lanjut Erri mengatakan bahwa faktor-faktor motivasi yang mempengaruhi terhadap kinerja pustakawan di lingkup Kementerian Pertanian adalah kondisi kerja, kualitas supervisi/atasan dan tunjangan. Kebijakan dan hubungan interpersonal tidak berpengaruh terhadap kinerja pustakawan. Strategi untuk meningkatkan motivasi kerja pustakawan ialah kondisi kerja yang nyaman, atasan yang interest terhadap perkembangan jaman, besaran tunjangan yang relevan, anggaran pengembangan SDM, Prasarana yg memadai dan pemenuhan kekurangan SDM pustakawan dengan pendidikan Diploma, imbuh Erri.

Temu Teknis Jabatan Fungsional Non Peneliti merupakan ajang bagi pejabat fungsional non peneliti untuk saling bertukar informasi mengenai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) sesuai dengan bidang keahlian dan keterampilan masing-masing. Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun oleh Badan Litbang Pertanian. Pada tahun 2019, temu teknis yang mengangkat tema “Peran Fungsional Non Peneliti Mendukung Penelitian, Perekayasaan dan Inovasi Presisi di Era Revolusi Industri 4.0”, bertujuan untuk meningkatkan Kapasitas tenaga fungsional non peneliti dalam rangka pembinaan, pengembangan karir, peningkatan kompetensi, dan produktivitas kerja.

Peran para pejabat fungsional termasuk pejabat fungsional non-peneliti sangat penting dalam mendukung kegiatan pertanian, baik di laboratorium, bengkel, perpustakaan, ruang-ruang arsip, forum-forum teknis, maupun di lapangan. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Badan Litbang Pertanian Dr. Ir. Muhammad Prama Yufdy, M.Sc. didampingi oleh Ir. Wachid Bambang Gunawan, M.Si serta dihadiri oleh 149 Pejabat fungsional non peneliti lingkup Balitbangtan yang terdiri dari Penyuluh Pertanian 57 orang, Teknisi Litkayasa 69 orang, Pustakawan 9 orang, Analis Kepegawaian 7 orang, Pranata komputer 3 orang, Arsiparis 2 orang dan Pranata Kehumasan 2 orang.

Dalam sambutannya Bapak Sekretaris Balitbangtan berpesan kepada seluruh pejabat fungsional agar selalu berupaya memiliki andil yang besar dalam mendukung program Badan Litbang Pertanian. Diharapkan para pemangku jabatan juga rajin dan membiasakan diri membuat tulisan sehingga mampu mempublikasikan hal-hal yang telah diteliti dan dihasilkan dengan lebih baik. Disisi lain Beliau berharap kepada seluruh pejabat fungsional non peneliti agar dapat bekerja lebih efektif dan efisien, penuh semangat untuk mendukung kegiatan penelitian di setiap Unit Kerja masing-masing maupun yang bersifat lintas Unit Kerja.

Pada kegiatan ini dilaksanakan juga sesi presentasi pemakalah dari para peserta yang dibagi ke dalam 4 kelompok. Para peserta yang hadir banyak mendapatkan pengayaan seputar IPTEK yang disampaikan oleh Narasumber sekaligus Motivator Bapak Ilhamuddin Nukman,S.Psi.,MA dari Universitas Brawijaya, narasumber Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian Kementerian Pertanian dan narasumber Kepala Puspindiklat BBPT yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Akreditasi dan Penilaian.

Selain melaksanakan kegiatan di dalam ruangan, para peserta juga memperoleh kesempatan untuk melakukan kunjungan ke Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB) dan ke Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika yang dilaksanakan pada hari Kamis 18 Juli 2019.

Diakhir penutupan Kepala Badan Litbang Pertanian Dr. Ir. Fadjry Djufry, M.Si. berharap dalam kegiatan temu teknis jabatan fungsional non peneliti, senantiasa diadakan field trip di lingkup Kementerian Pertanian agar semua pejabat fungsional mengetahui inovasi teknologi yang dimiliki oleh Balitbangtan. (\Erri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *