Meningkatkan Keekonomian Usaha Tani Kapuk melalui Integrasi Tanaman Sela dan Ternak Lebah Madu

Artikel Kapuk Berita Perkebunan Highlight

BERITA PERKEBUNAN – Produksi domestik dan ekspor serat kapuk dapat ditingkatkan melalui inovasi teknologi budi daya, efisiensi usaha tani dan mempertahankan kualitas serat kapuk yang baik yaitu putih mengkilat yang lebih dikenal dengan ”Java kapok.”

Banyak manfaat yang diperoleh dari penanaman tanaman sela di antara tanaman kapuk, antara lain, meningkatkan produktivitas lahan, diversifikasi pendapatan, mengu-rangi resiko kerugian usahatani, efisiensi penggunaan lahan, terbukanya kesempatan kerja dan tambahan pendapatan petani. Selain budi daya tanaman sela di bawah tegakan kapuk, dapat diintroduksi juga peternakan lebah madu.

Interaksi antara agensia penyerbuk berupa lebah madu dengan tanaman kapuk bersifat mutualistik sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan mutu hasil kapuk dan madu kapuk randu hasil ternak lebah madu. Informasi dan pemahaman yang baik tentang inovasi budi daya kapuk dengan pemanfaatan produk diversifikasinya diharapkan dapat digunakan sebagai landasan upaya peningkatan animo petani untuk menekuni usaha tani kapuk dan pengembangan tanaman kapuk di Indonesia.

Bagaiman morfologi tanaman Kapuk, Keragaan Kapuk di Indonesia Pemanfaatan Tanaman Sela di Bawah Tegakan Kapuk Integrasi Usaha Tani Kapuk dengan Peternakan Lebah Madu, selengkapnya dapat disimak pada link berikut : Warta Puslitbang Perkebunan Vol. 27 No. 1, 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *