IP2TP Muktiharjo Miliki Koleksi Plasma Nutfah Terlengkap di Jawa Tengah

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

INFO PERKEBUNAN – Salah satu asset untuk mendukung pelaksanaan tugas Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan adalah Kebun Percobaan atau Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IP2TP ) yang memiliki fungsi antara lain sebagai sarana koleksi dan konservasi plasma nutfah/ Sumber Daya Genetik (SDG) komoditas tanaman perkebunan, tempat penelitian dan pengembangan teknologi komoditas perkebunan, Unit Pengelola Benih Sumber (UPBS), visualisasi hasil penelitian, dan lokasi wisata edukasi untuk masyarakat serta sebagai salah satu Sumber Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Saat ini Puslitbang Perkebunan memiliki 19 IP2TP yang tersebar di Indonesia, salah satunya di daerah Pati Jawa Tengah yaitu IP2TP Muktiharjo dengan luas lahan 70,4 hektar dan IP2TP Ngemplak seluas 20,6 hektar yang berada di bawah koordinasi Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas) Malang.

Tim Humas Puslitbang Perkebunan, diterima oleh Koordinator IP2TP Muktiharjo-Ngemplak, Bapak Impron Sadikin, SP. Dalam kesempatan itu, Beliau menjelaskan profil dan kegiatan (mandat Balittas) yang sedang dilaksanakan, yaitu budidaya hingga proses pasca panen tanaman kapuk randu, tebu, dan rosella.

“Alhamdulillah, semua kegiatan berjalan dengan baik, dan yang sedang berjalan saat ini yaitu pembibitan tanaman kapuk randu, rosella serta pengolahan tebu menjadi gula kawur, gula batok dan gula tanjung,” jelas Impron.

Lebih lanjut ia menyampaikan beberapa sarana penunjang kegiatan yang ada di IP2TP Muktiharjo, antara lain: traktor, pompa air dalam, jaringan pipanisasi untuk pengairan. Sarana tersebut digunakan untuk mencegah kekeringan. Di samping itu juga ada alat berskala home industry untuk pengolahan tebu menjadi gula  dengan kapasitas produksi mencapai 10 ton/ hari. Klon unggul atau plasma nutfah tanaman pemanis dan serat yang dikoleksi sejumlah 152, dan merupakan sumber genetik hayati di Indonesia sekaligus merupakan yang terbesar di Asia.

Dengan seluruh fasilitas tersebut, Impron mempersilahkan masyarakat yang ingin mempelajari bagaimana proses budidaya hingga pasca panen komoditas tanaman pemanis dan serat, dapat langsung mengunjungi IP2TP Muktiharjo.

“Untuk masyarakat umum atau kelompok petani yang ingin berkoordinasi, belajar serta mendalami praktek teknik budidaya maupun pembibitan hingga pasca panen tebu dan tanaman serat lainnya dapat langsung mengunjungi kami (IP2TP Muktiharjo) di Jl. Raya Pati – Gembong Km.5 Pati Jawa Tengah, atau dapat menghubungi kontak telepon di (0295) 5517531”, terangnya.

Sebagai informasi, tujuan dari kunjungan Tim Humas Puslitbang Perkebunan ke IP2TP Muktiharjo pada Jumat (9/4/21), yaitu sebagai upaya pengembangan program diseminasi teknologi hasil penelitian Puslitbang Perkebunan agar dapat dikenal lebih luas dan dimanfaatkan oleh masyarakat. (Sudarsono/Anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *