Mengenal Citarasa dan Karakter Morfologi Kopi Kobura

Artikel Kopi Berita Perkebunan Highlight

Berita Perkebunan – Kopi Robusta merupakan salah satu varietas kopi  yang banyak dibudidayakan oleh petani di dataran menengah sampai rendah. Salah satu wilayah yang dikenal memiliki produksi Kopi Robusta dengan mutu cita rasa yang baik dengan kategori Very goodExcellent specialty (Skor > 80) adalah wilayah kabupaten OKU Selatan di Sumatera Selatan. Pada tahun 2021, Balittri bekerjasama dengan Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Selatan berhasil melepas klon kopi Kobura 1, Kobura 2 dan Kobura 3. Tiga klon lokal kopi Robusta tersebut telah dibudidayakan oleh petani sejak tahun 1990-an dan saat ini telah dikembangkan secara luas di Kabupaten OKU Selatan, salah satunya di Kecamatan Banding Agung.

Kecamatan Banding Agung berlokasi di pinggiran Danau Ranau memiliki bentang geografis berupa dataran menengah dengan ketinggian berada di kisaran 600-700 m dpl. Perbanyakan tanaman kopi mayoritas sudah menggunakan sambung pucuk atau dikenal sebagai “Kopi Setek”. Berdasarkan pengalaman petani, produktivitas kopi dengan perbanyakan vegetatif (klonal) lebih tinggi apabila dibandingkan tanaman kopi yang ditanam dari biji. Klon Bugel (Kobura 1) dan Marjuki Buah Besar (Kobura 2) tersebar luas di Desa Talang Agung, sedangkan klon Marjuki Buah Kecil (Kobura 3) di Desa Air Rupik. Keunggulan yang menonjol dari ketiga klon ini adalah cita rasa yang baik. Ketiga klon tersebut memiliki potensi produksi tinggi dan citarasa Very good-Excellent Specialty untuk dikembangkan secara luas dalam rangka meningkatkan produktivitas kopi nasional, khususnya Provinsi Sumatera Selatan.

Hasil uji mutu citarasa berdasarkan olah natural yang mengacu pada protokol SCAA menunjukkan semua klon yang diuji yaitu klon Kobura 1, Kobura 2, dan Kobura 3 menghasilkan produk mutu seduhan dengan kategori Very goodExcellent (Tabel 9). Karakter fragrance/aroma dari masing-masing klon mempunyai spesifikasi tersendiri. Klon Kobura 1 termasuk kategori Very good (skor 84,00), dengan fragrance/aroma Caramelly, Nutty (soy Bean), Spicy, dan Vanila. Klon Kobura 2 termasuk kategori Excellent (skor 88,00), dengan fragrance/aroma Caramelly,Flowery, very Sweet, Vanila. Klon Kobura 3 termasuk kategori Excellent (skor 86,00), dengan fragrance/aroma Caramely, Nutty, Soy Bean, Chili, Vanila.

Selengkapnya pada link berikut : MENGENAL CITARASA DAN KARAKTER MORFOLOGI KOPI KOBURA

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *