Melalui Kuliah Umum, Kapus Perkenalkan Hasil Inovasi Teknologi Perkebunan Puslitbang Pekebunan

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan secara aktif mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dalam bentuk Kuliah Umum di berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia.

Terhitung sejak tahun 2020 hingga saat ini Puslitbang Perkebunan telah beberapa kali melaksanakan kegiatan kuliah umum yang dihadiri ratusan peserta untuk membantu mengembangankan potensi mahasiswa dan mengenalkan peluang Praktek Kerja Lapang (PKL)/Penelitian di Puslitbang Perkebunan serta UPT-nya.

Selain itu, kuliah umum juga menjadi salah satu media diseminasi Puslitbang Perkebunan dalam mengenalkan teknologi hasil penelitian yang telah dihasilkan selama ini kepada pihak luar seperti lembaga-lembaga pendidikan. Hal ini senada dengan yang disampaikan oleh Kepala Puslitbang Perkebunan, Ir. Syafaruddin, Ph.D saat hadir sebagai narasumber dalam kegiatan “Gebyar Merdeka Belajar Kampus Merdeka” yang diselenggarakan oleh Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya secara daring, pada selasa (29/06).

Dalam paparannya dihadapan para peserta yang terdiri dari Rektor UNSRI, Dekan dan Jajaran Pimpinan Fakultas Pertanian UNSRI, Dosen, Alumni dan ratusan mahasiswa, Syafaruddin menjelaskan tentang inovasi apa saja yang telah dihasilkan oleh para peneliti di lingkup Puslitbang Perkebunan.

“Hingga saat ini kami telah menghasilkan beberapa teknologi hasil penelitian baik dalam bentuk produk unggulan maupun varietas unggul baru yang bervariatif. Salah satu produk unggulan yang telah kita hasilkan dan dilisensi oleh pihak swasta yaitu eucalyptus untuk melegakan pernapasan dari Balittro”, Ujar Syafaruddin.

“Selain itu varietas unggul yang juga telah kami hasilkan diantaranya adalah Kakao BL-50 dengan keunggulan potensi daya hasilnya mencapai 3,69 ton/ha/tahun dan Teh Assamica Seri Pgl yang merupakan hasil kerja sama dengan PT Pagilaran Dan Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada” Tambah beliau.

Terdapat lebih dari 200 teknologi dan varietas unggul yang telah dihasilkan oleh Puslitbang Perkebunan dan dapat diakses oleh masyarakat melalui menu “databasebun” di website Puslitbang Perkebunan.

Sebagai informasi, kegiatan diseminasi dalam bentuk kuliah umum juga menjadi poin utama dalam arahan Kepala Badan Litbang Pertanian Kementan untuk seluruh Unit Kerja lingkupnya. Dimana, harapannya adalah agar masyarakat dapat dengan mudah mengenal, mengakses dan memanfaatkan teknologi hasil penelitian yang telah dihasilkan oleh Badan Litbang Pertanian khususnya Puslitbang Perkebunan. (Anjas/tim web)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *