Lompatan Tinggi Hasil Penelitian

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Puslitbang Perkebunan sebagai institusi penelitian saat ini dan dimasa mendatang dihadapkan pada tantangan besar seiring dengan dinamika dan perubahan lingkungan strategis baik domestik dan internasional terutama dalam menyikapi berbagai kemungkinan ancaman penyebab krisis pangan yang terkait langsung dengan komoditas perkebunan. Untuk menyikapi hal tersebut diperlukan langkah kongkrit dan strategis dengan memaksimalkan aktivitas penelitian dalam upaya menciptakan teknologi baru yang mampu memacu peningkatan produksi dan produktivitas komoditas perkebunan berkualitas dan berdaya saing tinggi.

Pada kesempatan arahanya pada syukuran di Laboratorium Unit Pengelola Benih Unggul Pertanian (UPBUP) yang dihadiri pejabat struktural dan para peneliti Puslitbang Perkebunan, Kepala Pusat Dr. Ir. Fadjry Djufry, M.Si, mengingatkan kepada seluruh peneliti, bahwa upaya menciptakan teknologi baru melalui aktivitas penelitian harus mampu membaca perubahan global, sehingga hasil penelitian harus memiliki keunggulan dan menjadi solusi dari permasalahan pertanian terutama tuntutan terhadap ketersediaan pangan dalam jumlah besar dan berkelanjutan. Penelitian harus ada di garda terdepan dalam menghasilkan output bermanfaat tinggi di masa mendatang dan tuntutan saat ini.

Pada kesempatan yang berbeda Kapus juga menekankan kepada seluruh peneliti, pejabat struktural dan staf di lingkup Puslitbang Perkebunan untuk membangun sinergisitas dalam upaya mencapai target-target yang ditentukan oleh Kementan. Peran kelompok peneliti (Kelti) semakin signifikan dalam upaya meningkatkan kapasitas para peneliti dan upaya dalam mentransformasi bidang keilmuan kepada seluruh stake holder di bidang perkebunan.

Disela sela waktu dan kesibukkan, Kapus menghadiri acara serah terima Ketua Kelti Puslitbang Perkebunan periode sebelumnya. Dr. Siswanto yang telah menjabat selama 7 tahun dimandatkan untuk selanjutnya ke Dr. I Ketut Ardana. Serah terima ketua kelti disaksikan oleh seluruh jajaran peneliti dan pejabat struktural struktural.

Dalam sambutanya, Dr. Ketut Ardana, meminta dukungan dari seluruh peneliti dalam mengemban tugas demikian halnya dukungan dari Kapus. Semoga Puslitbang Perkebunan di masa mendatang semakin solid, eksis dan dinamis dalam menjalankan fungsi penelitian dan pengembangan komoditas perkebunan. (sae/20/03/2018)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *