Studi Banding Mahasiswa Pasca Sarjana IPB Ke Laboratorium Kultur Jaringan UPBUP, Balitbangtan

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Laboratorium Unit Pengelola Benih Unggul Pertanian (UPBUP) Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun) mendapat kunjungan mahasiswa sekolah pascasarjana mayor Pemuliaan dan Bioteknologi Tanaman (PBT), Departemen Agronomi dan Hortikultura, Fakultas Pertanian IPB (7/12/17). Rombongan sebanyak 30 mahasiswa tersebut dipimpin oleh ibu dosen Dr. Dini dinarti dan ibu Mega, M.Si beserta teknisi teh juju dan teh iip yang diterima oleh kepala sub bidang kerjasama Puslitbangbun, Dr. Suci Wulandari.

Dalam pemaparannya, Suci menyampaikan profil puslitbangbun yang menaungi 4 balai penelitian komoditas yaitu Balittro di Bogor, Balittri di Sukabumi, Balittas di Malang, dan balit Palma di Manado.

Selanjutnya Kepala Laboratorium Unit Pengelola Benih Unggul Pertanian (UPBUP) Dr. Sri Suhesti memaparkan tentang profil laboratorium UPBUP yang merupakan laboratorium Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), Kementerian Pertanian. Laboratorium UPBUP tersebut dibawah pengelolaan Puslitbangbun untuk mendukung visi dan misi Balitbangtan dalam menghasilkan teknologi strategis melalui perbaikan dan perbanyakan varietas unggul pertanian melalui kultur jaringan. Sri Suhesti juga memaparkan teknologi produksi benih tebu melalui kultur jaringan yang merupakan aktivitas terbesar di laboratorium UPBUP.

Selanjutnya rombongan mengunjungi laboratorium UPBUP untuk menambah wawasan mahasiwa khususnya aplikasi kultur jaringan untuk perbanyakan benih dan perakitan varietas unggul baru. Saat ini ada beberapa penelitian perakitan varietas untuk peningkatan produktivitas serta ketahanan terhadap cekaman biotik dan abiotik diantaranya pada komoditas tebu dan nilam, ujar Hesti.

Di akhir acara disampaikan bahwa laboratorium UPBUP siap menerima mahasiswa yang ingin memperdalam ilmu kultur jaringan untuk membantu penyelesaian studi mahasiswa, sehingga penelitian di bidang kultur jaringan lebih berkembang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *